DPRD PALI Gelar Rapat Paripurna Nonton Bersama Pidato Kenegaraan

DPRD PALI Gelar Rapat Paripurna Nonton Bersama Pidato Kenegaraan

Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten PALI foto bersama di Rapat Paripurna Istimewa.--

SUMEKS.CO, PALI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar rapat paripurna nonton bersama pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022 dari Istana Negara.
 
Di ruang Rapat Paripurna kantor DPRD Kabupaten, Selasa (16/8/2022), yang dihadiri langsung Ketua DPRD PALI H Asri AG, Wakil Ketua I Irwan ST dan Wakil Ketua II Muhammad Budi Hoiru SHi. Dan juga dihadiri Wakil Bupati PALI Drs H Soemarjono, serta Forkopimda dan tamu undangan lainya.

Tamu Undangan yang hadir dalam rapat paripurna istimewa nonton bersama pidato kenegaraan.--
 
Tak hanya itu, turut hadir juga anggota DPRD Kabupaten PALI, perwakilan OPD, Forkopimda, TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya serta para tamu undangan lainnya turut hadir.
 
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) di awal sambutannya menyampaikan bahwa saat ini setiap negara sedang mengalami krisis global. Hal ini, harus dihadapi dengan kehati-hatian dan kewaspadaan.
 
Kendati demikian, Jokowi sangat bersyukur karena di tengah tantangan yang berat, termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Dia menyebutkan, Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19.
 
"Indonesia termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan," ujar Presiden Jokowi lewat pidatonya di Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI & DPD RI Tahun 2022 tersebut. 
 
Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan bahwa Indonesia berhasil mengendalikan inflasi. Katanya, pada Juli 2022 inflasi Indonesia mencapai 4,9 persen (year on year).
 

Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten PALI foto bersama dengan veteran dan tamu undangan.--
"Inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen. Angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7 persen. Jauh di bawah inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9 persen," paparnya.
 
Lebih lanjut dijelaskan bahwa inflasi yang terjadi saat ini dipicu oleh kelangkaan pasokan energi yang mana akibat konflik antara Rusia dan Ukraina. Presiden juga menyoroti sumber daya alam yang melimpah. Menurutnya sumber daya alam akan dapat menjadi kekuatan yang besar jika dikelola secara bijak dan berkelanjutan.
 
"Syaratnya satu, harus dihilirkan dan diindustrikan di dalam negeri, agar nilai tambahnya bisa maksimal untuk kepentingan nasional. Hal ini akan membuka lapangan kerja, meningkatkan ekspor, menghasilkan devisa, meningkatkan pendapatan negara, serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi," katanya.
 
Sementara Ketua DPRD Kabupaten PALI H Asri AG mengatakan, bahwa pidato dari MPR RI, DPR RI, dan Presiden RI merupakan pegangan setiap daerah.
 
"Pidato MPR RI, DPR RI, dan Presiden RI itu agar kita mengetahui, apa yang disampaikan ini menjadi pegangan kita. Kita harus mengikuti pidato presiden ini," ujarnya.

Suasana saat digelarnya menonton pidato kenegaraan oleh presiden RI.--
 
H Asri AG mengungkapkan, rapat paripurna yang sama bukan hanya digelar di Kabupaten PALI, melainkan di setiap daerah lain di Indonesia pun melaksanakan rapat paripurna mendengarkan pidato Presiden RI.
 
"Tidak hanya di PALI saja, tapi di seluruh kabupaten melaksanakan paripurna mendengarkan pidato presiden. Pidato presiden ini akan jadi undang-undang dan harus diikuti sampai di tingkat daerah,” jelasnya.
 
Sementara itu, berkaitan dengan tema HUT Kemerdekaan tahun ini, yakni ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’, dirinya memaknainya dengan harapan Kabupaten PALI dapat lebih semangat dan kuat.
 
"Sesuai tema nasional tahun ini, saya berharap kepada masyarakat Kabupaten PALI, agar bisa semakin semangat dan lebih kuat ke depannya nanti," pungkasnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: