Layani Pembuatan Paspor Warga Prabumulih, Kemenkumham Sumsel, Buka UKK Imigrasi di Kota Prabumulih

Layani Pembuatan Paspor Warga Prabumulih, Kemenkumham Sumsel, Buka UKK Imigrasi di Kota Prabumulih

--

SUMEKS.CO, - Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim) Kanwil Kemenkumham Sumsel Herdaus, mengapresiasi keinginan pemerintah kota Prabumulih untuk memiliki Kantor Unit Kerja Keimigrasian (UKK). Adanya kantor ini, masyarakat di Prabumulih tak perlu lagi datang jauh-jauh ke Palembang untuk membuat paspor.

Untuk mewujudkan adanya kantor UKK tersebut Kadivim Herdaus bersama dengan sekda kota Prabumulih Elman, selasa (17/5) meninjau lokasi Kantor UKK Prabumulih, di Lantai 3 Pasar Tradisional Modern (PTM 2) sebelah Mall Pelayanan Publik.

Peninjauan ini, kata Herdaus atas instruksi Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto. Kakanwil meminta segera dibuatkan laporan ke Ditjen Imigrasi di Jakarta. Ya itu tadi, terkait pembentukan UKK Prabumulih.  

Herdaus menyampaikan berdasarkan regulasi tentang Unit Kerja Kantor Imigrasi, bahwa Unit Kerja Keimigrasian merupakan perpanjangan dari Kantor Imigrasi sebagai Unit Pelaksana Teknis Induk, yang mana pemenuhan kebutuhan SDM, sarpras, dan anggaran dalam pembentukan dan pelaksanaan Unit Kerja dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi, yang dituangkan dalam pentuk perjanjian kerjasama. 

BACA JUGA:Paskibraka Sumsel Dapat Reward, ini Bentuknya

“Termasuk pegawainya nanti berasal dari Pemerintah daerah/kota setempat”, ungkap Herdaus.

Dalam kegiatan ini dibahas kelanjutan prihal tentang ketentuan syarat dalam pembentukan UKK, Perjanjian Kerjasama (PKS) terkait persiapan UKK di Kota Prabumulih, kesiapan pembangunan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pembentukan UKK di Kota Prabumulih. Kemudian pelaksanaan pelayanan yang dilaksanakan sementara di MPP yang berlokasi di Pasar Tradisional Modern (PTM) 2 Kota Prabumulih.

Selain itu, pemerintah Prabumulih telah menyediakan lahan berupa tanah bertampat di sebelah Kantor Baru Pengadilan tinggi agama Kota Prabumulih yang akan dibangun untuk UKK di Kota Prabumulih.

Perihal ini, telah dimasukan dalam anggaran perubahan 2023 untuk pembangunan UKK di Kota Prabumulih.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan  lokasi di MPP, tempat tinggal penyelia, dan peninjauan lahan yang disediakan untuk pembangunan gedung UKK di Kota Prabumulih. (dey)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: