Kakanim Palembang Dampingi Kakanwil Kemenkumham Monitoring Keberangkatan Jemaah Calon Haji

Kakanim Palembang Dampingi Kakanwil Kemenkumham Monitoring Keberangkatan Jemaah Calon Haji

Mohammad Ridwan--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - KAKANWIL Kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto, didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Herdaus dan Satuan Tugas Pemeriksaan Keimigrasian pada Embarkasi Calon Jemaah Haji tahun 1443 H / 2022 M memantau langsung proses pelepasan Jemaah Haji Kloter 5 Embarkasi Provinsi Sumsel dan Provinsi Babel di Ruang Tunggu Pemberangkatan Internasional Bandar Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Rabu (29/6).

Jemaah Calon Haji yang dilepas pada kloter 5 ini, berjumlah 450 orang, terdiri dari 197 laki-laki dan 253  perempuan, termasuk Petugas Haji Daerah (PHD) 2 orang dan Petugas Haji 5 orang. Jemaah haji ini berasal dari Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 222 orang dan Provinsi Bangka Belitung sebanyak 228 orang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan menjelaskan bahwa Satuan Tugas Pemeriksaan Keimigrasian menerima paspor jemaah haji kloter 5 dari Kementerian Agama, kemudian melakukan peneraan cap 

paspor, pemeriksaan paspor, entry data perlintasan jemaah haji melalui sistem BCM, lalu diakhiri dengan penyerahan paspor kepada jemaah haji di asrama haji Kota Palembang.

BACA JUGA:Paskibraka Sumsel Dapat Reward, ini Bentuknya

Kegiatan pelepasan kloter 5 Calon Jemaah Haji dimulai di Gedung Serbaguna Asrama Haji Palembang. Diawali pemeriksaan Paspor RI oleh petugas gabungan dari Tim Pelayanan Keimigrasian dari Kantor Wilayah Kementerian 

Hukum dan HAM Sumatera Selatan dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang yang memastikan kesesuaian data jemaah yang tertera dalam paspor. 

Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan barang-barang bawaan melalui mesin X-ray oleh petugas Avsec, Bea Cukai, dan Tim Pengamanan. 

Setelah dinyatakan cleared, jemaah dapat menaiki bus untuk kemudian menuju Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Jemaah kloter 5 diberangkatkan dari Asrama Haji Kota Palembang menuju Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang pada pukul 11.30 WIB didampingi petugas imigrasi untuk selanjutnya diberangkatkan dengan pesawat Saudi Arabian Airlines SV5037 pukul 13.20 WIB.

BACA JUGA:45 Pengedar Narkoba Disikat

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto menegaskan bahwa Tim Pelayanan Keimigrasian dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang selalu memastikan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Jemaah Calon Haji. “Kami bekerja secara profesional dan mendukung secara penuh pelayanan penerbitan paspor, pemberangkatan, dan kedatangan jemaah haji embarkasi Palembang,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu turut hadir Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan, Kepala Subbidang Perizinan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel Alfin Maulana selaku Koordinator Tim I, serta para Satgas Pemeriksaaan Keimigrasian (dey)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: