Renny Astuti Tinggalkan Gerindra, Begini Kata Pengamat

Renny Astuti Tinggalkan Gerindra, Begini Kata Pengamat

Renny Astuti saat menyerahkan pengunduran dirinya. Foto : istimewa--

SUMEKS.CO - Keputusan mantan anggota DPR RI Hj Renny Astuti SH SpN meninggalkan Partai Gerindra merupakan keputusan yang  tepat.

Dengan keputusan mengundurkan diri dari pengurus dan kader Partai Gerindra, Renny bisa mempersiapkan diri pada pemilihan umum legislatif (pileg) pada tahun 2024 mendatang secara matang.

Pengamat politik Universitas Sriwijaya, Husni Tamrin mengungkapkan, Renny sudah mengambil keputusan yang tepat. Dengan demikian harus menjaga hubungan baik dengan konstituen meski tidak lagi menjadi anggota DPR RI, karena itu akan menjadi modal penting bagi Renny untuk kembali mendulang suara pada pileg tahun 2024 mendatang. 

BACA JUGA:Sedang Umroh Dicopot dari DPR RI, Renny Astuti Resmi Tinggalkan Gerindra

"Silaturahmi dengan konstituen harus tetap dijaga dengan sebaik mungkin. Jika itu dilakukan maka dukungan konstituen akan tetap terjaga pada pileg nanti," kata Husni Tamrin, Rabu (16/8)

Kemudian, Renny juga diminta untuk menawarkan program yang pro dengan rakyat sebagaimana yang telah Renny lakukan saat menjabat anggota DPR RI. 

"Elektabilitas dan popularitas Renny akan tetap terjaga dengan baik jika dua hal tersebut tetap dilakukan," kata Husni.

Meski harus membangun kembali jaringan partai yang baru nanti, maka Renny sebaiknya mulai melakukan konsolidasi dengan partai baru yang akan menjadi pilihannya tersebut, karena mesin partai paling efektif dalam melakukan gerakan politik.

BACA JUGA:Gerindra-PKB Daftar Bareng ke KPU

"Kemudian Renny juga harus memilih partai menengah ke atas, karena untuk mendapatkan kursi DPR harus bergabung dengan partai-partai besar. Karena partai besar sudah sangat melekat dengan rakyat," terangnya.

Sementara, Direktur Eksekutif LKPI Ariyanto mengatakan, apa yang diputuskan Renny sangat tepat, karena di partai lama ia sudah dikecewakan.

"Pada pileg lalu suaranya cukup besar, dan pemilih caleg itu biasanya dalam menentukan pilihan melihat sosok individual. Dan satu lagi pemilih perempuan sangat komit jika telah menentukan pilihan," ujarnya.

Sosok Renny di tengah masyarakat Sumsel 1 yang meliputi Palembang, Banyuasin, Muba, Mura Raya dan Lubuklinggau sudah sangat populer.

BACA JUGA:Gerindra-PKB Bangun Koalisi Kebangkitan Indonesia Ray

Sumber: