Satu Rumah Tergerus Tanah Longsor

Satu Rumah Tergerus Tanah Longsor

--

BANYUASIN - Satu rumah tergerus tanah longsor di Dusun II Desa Terusan Muara Kecamatan Sumber Marga Telang, Sabtu (13/8) sekitar pukul 13.00 WIB."Kita sudah dapatkan laporannya terkait kejadian itu, " kata Camat Sumber Marga Telang Hasanul Haq kemarin. 

Informasinya satu rumah alami rusak parah milik Rizal, usai terkena tanah longsor di bantaran sungai setempat."Ikut tergerus longsor, " jelasnya. Dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, setelah pemilik rumah sudah mengetahui akan terjadi peristiwa tersebut. "Tidak ada korban jiwa, " tukasnya. 

Diperkirakan kerugian atas kejadian itu mencapai Rp 40 juta, dan dilaporkan kepada Bupati dan wakil Bupati Banyuasin."Sudah dilaporkan, "imbuhnya. Berdasarkan informasi di lapangan, nampak tiang listrik ikut tergerus tanah longsor itu hingga jatuh ke sungai. 

Warga sendiri secara gotong royong melakukan perbaikan tiang listrik itu bersama instansi terkait agar aliran listrik kembali normal. "(Minggu) pagi tadi perbaikannya, dan saat ini sudah normal kembali, " terangnya.

BACA JUGA:Satres Narkoba Polres Pagaralam Amankan Pemuja Ganja

Peristiwa tanah longsor itu sendiri sempat viral di media sosial (medsos) Facebook dan mendapatkan komentar beragam warganet."Pantas saja mati lampu (kemarin, red) ada tiang yang roboh, "kata Ziput warga sekitar.

Sementara itu, Sukardi wakil ketua I DPRD Banyuasin mengatakan memang warga yang tinggal di bantaran sungai itu rawan akan abrasi dan longsor. " Sebenarnya mereka sudah tahu, "ujarnya.

Sehingga warga yang membangun di bantaran sungai menyiasatinya dengan menggunakan tiang. Padahal dalam aturannya pembangunan di daerah aliran sungai itu tidak diperbolehkan. 

BACA JUGA:KHA Malik Tadjuddin Ulama Pejuang dan Sang Pendidik yang Bersahaja

Kendati demikian ia menghimbau kepada masyarakat agar dapat lebih waspada dan berhati hati dikemudian hari. Sukardi juga berharap kesadaran akan dari masyarakat terkait hal itu, serta adanya tindakan dari pemerintah untuk memasang rambu larang membangun kediaman di bantaran sungai. 

" Pemerintah juga harus turun tangan, "pungkasnya.(qda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: