Kursi DPRD Prabumulih Bertambah?

Kursi DPRD Prabumulih Bertambah?

Marjuansyah Ketua KPU Prabumulih menyatakan yang mendaftarkan dengan partai politik ganda di kota Prabumulih tak hanya ada dua orang, ternyata tiga orang. Foto: Dian/sumeks.co--

SUMEKS.CO, PRABUMULIH - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih menyebutkan pada pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2024 mendatang, berpotensi adanya pertambahan kursi DPRD. Hal itu diungkap Ketua KPU Prabumulih, Marjuansyah dibincangi usai audiensi dengan pimpinan DPRD Prabumulih, Rabu (10/6). 

"Hari ini kita diterima oleh DPRD Kota Prabumulih dengan agenda beberapa hal yang berkaitan dengan Pemilu (pemilihan umum) maupun Pilkada (pemilihan kepala daerah)," kata Ketua KPU Prabumulih Marjuansyah.

Berkenaan dengan itu, kata dia. Khususnya di Prabumulih karena memang KPU kabupaten/kota ini fokusnya untuk tahapan pendaftaran hanya menjadi verifikasi faktual yang baik. Hanya saja, ada beberapa hal informasi yang berkaitan dengan Prabumulih Ini dimana pihaknya mendapat tembusan surat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait adanya rencana penambahan jumlah Kelurahan dan walaupun itu juga belum ada kepastian finalnya dari Pemerintah kota jadi atau tidak.

"Tapi yang jelas kalau memang itu jadi penambahan jumlah Kelurahan ini kan pasti berdampak ke jumlah penyelenggara di badan maupun di anggaran Pemilu maupun di Pilkada mendatang," terangnya.

Selain itu, kata dia. Pihaknya juga mendapatkan informasi DKB (Data Konsolidasi Bersih) jumlah penduduk Prabumulih yang sekarang sudah di angka 200.800 lebih yang artinya kalau memang jumlah penduduk itu di angka 200.000 lebih kemungkinan besar jumlah kursi DPRD di Kota Prabumulih akan bertambah. 

"Tapi terkait dengan hal itu kita masih menunggu kepastian karena kan jumlah penduduk jumlah kursi tapi ini kita masih menunggu sesuai dengan peraturan undang-undang dan PKPU bahwa masih menunggu DP4 perbulan Oktober 2022 ini dari Menteri jadi data dari DP4 itulah yang akan menjadi sumber," sebutnya.

Ketua DPRD Kota Prabumulih, Sutarno menambahkan, kedatangan KPU Kota Prabumulih ke DPRD untuk menyampaikan beberapa hal terkait Pemilu. Diantaranyanya, jumlah penduduk kota Prabumulih yang sudah lebih dari 200 ribu sehingga ada kemungkinan penambahan kursi legislatif.

"Jumlah penduduk per Juni sudah 200 ribuan jadi bisa menambah kursi. Kalau di atas 200 ribu (jumlah penduduk, red) berarti bisa 30 kursi dan mudah-mudahan kami berharap dan parpol juga berharap ada tambahan kursi," terangnya mengaku dengan adanya penambahan kursi maka pihaknya ada keuntungan dimana peluang lebih banyak dan lebih besar. (chy)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: