Yuk Konsumsi Terong, ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Yuk Konsumsi Terong, ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Terong. foto: dendi romi sumeks.co--

SUMEKS.CO - Terong selalu diidentikkan dengan alat kelamin pria yang konon bisa bikin loyo. Padahal, mengonsumsi buah berwarna ungu, banyak manfaatnya untuk kesehatan. 

Terong selain digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat hidangan gurih, juga kaya akan nutrisi yang tinggi yang baik untuk tubuh. Terong mengandung protein, serat, zat besi, kalsium, vitamin D, dan lainnya.

Banyak orang makan terong biasanya dengan nasi dan dicampur sambal. Namun, apakah Anda tahu, rutin makan terong ternyata sangat bermanfaat untuk mengusir beberapa penyakit kronis. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Menjaga kesehatan hati

Terong ungu kaya akan kandungan antioksidan, terutama antocyanin. Kandungan antioksidan ini dipercaya bisa melindungi hati dari jenis racun tertentu penyebab penyakit.

2. Menjaga kesehatan otak

Komponen antioksidan di dalam terong ungu juga disebut memiliki manfaat untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, komponen ini juga bisa mencegah terjadinya peradangan pada sel saraf, dan membantu memperlancar aliran darah ke otak. 

3. Dipercaya mencegah kanker

Terong ungu mengandung polifenol yang dipercaya memiliki efek antikanker. Sementara itu, komponen lain dalam terong juga bisa melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Tidak mengherankan jika salah satu manfaat tersembunyi dari terong ungu adalah mencegah pertumbuhan sel tumor dan penyebaran sel penyakit kronis, kanker.

4. Menjaga kadar kolesterol

Pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, mengonsumsi jus terong terbukti berhasil menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Manfaat terong ungu yang satu ini didapatkan dari kandungan asam klorogeniknya.

5. Membantu mengurangi risiko munculnya penyakit jantung

Kandungan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien yang ada di dalam terong ungu dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Terong ungu juga mengandung antocyanin, suatu komponen yang mampu menurunkan risiko kematian pada penderita penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: