Tujuh Daerah di Sumsel Waspada Hujan-Petir

Tujuh Daerah di Sumsel Waspada Hujan-Petir

Ilustrasi.--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Provinsi Sumsel diimbau mewaspadai hujan disertai petir. Hal ini disebababkan adanya dua sirkulasi siklonik di Selat Karimata dan Samudra Hindia sebelah barat kepulauan Mentawai yang berpotensi memicu terjadinya hujan dan petir di sejumlah daerah termasuk daerah di Sumsel.

Kepala Badan Meteorologi dan Klimatologi Provinsi Sumsel, Wandayantolis mengungkapkan, peringatan dini cuaca yakni waspada potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang sampai malam hari di wilayah Banyuasin, OKI, Palembang, Ogan Ilir, Musi Rawas, Muara Enim, dan Ogan Ilir.

"Ya, kami mengimbau untuk beberapa daerah tersebut untuk mewaspadai cuaca hujan disertai petir," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (3/8).

Dijelaskannya, pembentukan awan hujan memanjang dari laut Jawa bagian barat hingga Lampung di Laut Natuna dan di Samudra Hindia barat, Kepulauan Mentawai. Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Pesisir Selatan Banten hingga Selat Sunda.

"Siang hingga sore hari, Sumsel juga berawan dengan potensi hujan sedang dan lebat di wilayah OKI, Banyuasin, Musi Banyuasin," timpalnya.

Pihaknya mengungkapkan, hal ini dapat menyebabkan bencana seperti banjir, tanah longsor, dan puting beliung. Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat untuk dapat mewaspadai cuaca ekstrim tersebut.

"Kami mengimbau masyarakat agar dapat mewaspadai cuaca ini," imbuhnya. (edy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: