17 Agustus Bandara SMB Layani Penerbangan Palembang-Jedah

17 Agustus Bandara SMB Layani Penerbangan Palembang-Jedah

R Iwan Winaya Mahdar. Foto: edy handoko sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Tepat di hari Kemerdekaan RI ke-77 tahun pada 17 Agustus mendatang, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, bakal membuka jalur penerbangan umrah dari Palembang langsung ke Jeddah.

Hal ini disampaikan R Iwan Winaya Mahdar, Executive General Manager Bandara Internasional SMB II Palembang, usai audiensi bersama Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam rangka silaturahmi pejabat baru Angkasa Pura II, di Kantor Pemprov Sumsel, Selasa (2/8).

"Kita tinggal menunggu Surat Edaran (SE) satgas Covid-19, dan SE Menteri Perhubungan," kata Iwan Winaya.

Lanjutnya, sejauh ini dari pihak maskapai Lion Group telah mengusulkan penerbangan internasional dari Bandara SMB II Palembang direct menuju Jeddah, Arab Saudi. Pihaknya, bersama Pemprov Sumsel mendorong usulan ini agar cepat segera teralisasikan.

"Rencana dibuka mulai 17 Agustus mendatang," ucapnya.

Kendati begitu, Iwan mengungkapkan hal ini tergantung dari keluarnya SE dari Kementerian Perhubungan. SE ini merupakan dasar referensi bahwa Bandara SMB II Palembang memang telah diizinkan melakukan penerbangan internasional.

"Kembali lagi pada SE tersebut, diizinkan atau tidaknya kita melakukan penerbangan internasional secara direct," bebernya.

Iwan menambahkan, selain maskapai Lion Group yang membuka penerbangan internasional, sudah ada beberapa maskapai lainnya yang mengusulkan hal yang sama. Diantaranya, Tiger Airways yang mengusulkan penerbangan internasional rute Palembang-Singapura, Palembang-Kuala Lumpur secara reguler. Lanjutnya, ada juga Batik Air yang membuka jakur penerbangan umrah plus.

"Jika regulasi SE nya sudah turun pastinya kita akan lihat maskapai yang melakukan penerbangan internasional melalui Bandara SMB II Palembang," tandasnya. (edy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: