450 Jemaah Haji Keloter Pertama Debarkasi Palembang Tiba di Tanah Air

450 Jemaah Haji Keloter Pertama Debarkasi Palembang Tiba di Tanah Air

Jemaah haji saat tiba di Bandara SMB II Palembang, Senin (1/8). Foto : edy/sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Sebanyak 450 jemaah haji kloter pertama debarkasi Palembang asal Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, menggunakan pesawat Saudia Airlines Senin (1/8) pukul 17.00 WIB.

Executive General Manager Bandara Internasional SMB II Palembang, R Iwan Winaya Mahdar mengatakan setelah tiba di bandara, jemaah haji akan langsung diangkut menggunakan bus dan diarahkan ke asrama haji. Nanti, di sana dilakukan proses clearance sebanyak tiga kali.

"Proses clearance pertama dari balai karantina kesehatan atau oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Palembang, melakukan pemeriksaan berbasis antigen secara menyeluruh. Tidak sampel ya tapi 100 persen (harus antigen)," kata Iwan, Senin (1/8).

Selain itu, clearance juga dilakukan terhadap dokumen keimigrasian oleh petugas kantor Imigrasi Palembang. Terakhir, clearance barang bagasi bawaan oleh petugas Bea Cukai.

BACA JUGA:Perdana, Jemaah Haji Sumsel Tiba

"Ini adalah bagian dari layanan kami yang tentunya didukung penuh oleh PPIH Sumsel dan didampingi Kanwil Kemenag Sumsel. Tujuannya, untuk memastikan bahwa layanan di bandara bisa dilakukan dengan cepat dan tepat," jelasnya.

Lanjut dia, kedatangan jemaah haji dijadwalkan selama 9-12 hari mendatang. Kendati demikian, kedatangan rombongan haji ke tanah air dilakukan secara bertahap.

Kedatangannya sambung Iwan, masih ditentukan oleh slot yang disediakan di maskapai Saudi Arabian Airlines yang terbang dari Mekkah atau Jeddah.

BACA JUGA:Vaksinasi Booster Syarat Mobilitas, Termasuk Jemaah Haji yang Pulang

"Jadi, kedatangannya tidak tentu seperti saat ini. Ada yang malam hari misalnya pukul 23.00-00.00 WIB, ada yang pagi hari dan seterusnya," tutupnya. (edy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: