Antisipasi Banjir Dadakan, Ratusan Warga Bersihkan Sungai Abab

Antisipasi Banjir Dadakan, Ratusan Warga Bersihkan Sungai Abab

Ratusan warga turun tangan membersihkan Sungai Abab, Kabupaten PALI.--

SUMEKS.CO, PALI - Ratusan warga Talang Pipa, Kelurahan Talang Ubi Barat, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) turun tangan membersihkan Sungai Abab yang membentang di wilayah tersebut, Minggu (31/7).

Hal itu dilakukan, karena wilayah ini merupakan daerah langganan banjir saat penghujan tiba, yang berasal dari luapan Sungai Abab karena selain mengalami pendangkalan, sungai yang berada di tengah ibukota Kabupaten PALI itu juga tertutup sampah. 

Untuk meminimalisir datangnya banjir, warga Talang Pipa melakukan gotong royong membersihkan sampah di aliran Sungai Abab yang diinisisasi warga setempat. 

Terlihat puluhan warga turun ke Sungai Abab, menyisir sungai dan mengumpulkan sampah kemudian diangkat dan dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPA).

BACA JUGA:Satalantas Polres Empat Lawang Perbaiki Rambu Rusak

"Mumpung air sungai sedang surut, kami bergotong royong membersihkan aliran sungai dari sampah," ujar Firman, salah satu warga setempat. 

Ditambahkan Firman, bahwa dengan kegiatan tersebut diharapkan meningkatkan kebersamaan warga dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan tidak membuang sampah ke sungai. 

"Penyebab banjir adalah selain dari alam, juga sampah yang menumpuk menutupi aliran sungai yang memang saat ini mengalami pendangkalan. Dengan adanya kegiatan ini, warga semakin sadar bahwa banjir bisa dihindari kalau kita jaga sungai bebas sampah," tukasnya. 

BACA JUGA:Bangun Infrastruktur Hingga ke Pelosok

Sementara itu, Andri warga lainnya menyatakan, bahwa tumbuhnya kembali budaya gotong royong diharapkan terus terpelihara di wilayah Talang Pipa dan kabupaten PALI pada umumnya. 

"Tumbuhnya budaya gotong royong ini tergerak akibat daerah kami sering alami banjir. Oleh karena itu, saat Sungai Abab surut, warga pun menentukan hari ini untuk bersih-bersih dengan harapan meminimalisir banjir kala penghujan," ucapnya. 

Terpisah, Camat Talang Ubi, Hj Emilia menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan masyarakat Talang Pipa yang turun ke Sungai Abab membersihkan sampah. 

BACA JUGA:Gebyar 1 Muharram, Berikan Pemahaman Ajaran Islam Sejak Dini ke Anak

"Mudah-mudahan gotong royong masyarakat Talang Pipa bisa menular ke kelurahan lain atau desa-desa yang ada di kecamatan Talang Ubi atau di kabupaten PALI. Sebab dengan bergotong royong, pekerjaan berat akan jadi ringan," harapnya. (ebi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: