Antisipasi Karhutla, Satbinmas Gelar Ops Bina Karuna

Antisipasi Karhutla, Satbinmas Gelar Ops Bina Karuna

Satbinmas, menggelar Operasi Bina Karuna 2022, mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.-Almi Diansyah-

SUMEKS.CO, PAGARALAM – Mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polres Pagaralam melalui Satbinmas, menggelar Operasi Bina Karuna 2022.

Personel Preemtif dan Preventif Operasi Bina Karuna menggelar kegiatan sosialisasi dan menyebar spanduk imbauan, dengan menyambangi langsung masyarakat di sejumlah wilayah di Kota Pagaralam.

Kasat Binmas, AKP Mursal Mahdi menyampaikan, imbauan dan sosialisasi bertujuan  untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Operasi ini dimaksudkan untuk mengantisipasi Karhutla, dengan memberikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat,: kata AKP Mursal.

BACA JUGA:Petani di Pagaralam Dilatih Membuat Pestisida Nabati

Polres Pagaralam memberikan imbauan sedini mungkin agar masyarakat tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan perkebunan. 

Sejauh ini masalah Karhutla menjadi perhatian serius dari semua pihak dengan tujuan bencana kebakaran dan kabut asap tidak terjadi ke depannya. 

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi dan ikut andil mencegah Karhutla ini. Karena bencana alam tidak kalah merugikannya dibandingkan Covid-19 yang sedang melanda Indonesia saat ini," beber AKP Mursal.

BACA JUGA:Harga Sayuran di Pagaralam Melonjak, Cabai Setan Tembus Rp80 Ribu

Mantan Kasatres Narkoba Polres Pagaralam ini, menambahkan Karhutla dapat memberikan dampak yang buruk. Baik itu dari segi kesehatan, sosial dan ekonomi, hingga berdampak luas kepada masyarakat dan terganggunya aktivitas serta perekonomian masyarakat.

"Bencana alam akibat Karhuta dapat dicegah apabila seluruh masyarakat ikut andil dan berpartisipasi mencegah kebakaran hutan dan lahan ini, dengan tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan," imbaunya. (ald)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: