Tiga SMP di Pagaralam Terapkan Kurikulum Merdeka

Tiga SMP di Pagaralam Terapkan Kurikulum Merdeka

Kepala Disdikbud Kota Pagaralam, H Cholmin Heriyadi, dalam kegiatan Sekolah Penggerak di Pagaralam.-Almi Diansyah-

SUMEKS.CO, PAGARALAM – Tiga sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Pagaralam, menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023. Belum semua sekolah akan menerapkan kurikulum ini. 

"Kota Pagaralam di tingkat SMP, untuk saat ini baru tiga SMP yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka," ujar kepala Disdikbud Kota Pagaralam, H Cholmin Heriyadi, Senin (11/7).

Cholmin mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi serta mendukung sekolah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. 

"Untuk di Pagaralam ada 3 SMP yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka, yaitu SMP Negeri  2 Kota Pagaralam, SMP Negeri 4 Kota Pagaralam dan SMP Negeri 6 Kota Pagaralam," jelasnya.

BACA JUGA:Gus Toif Meminta Seluruh Pesantren Untuk Kooperatif

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 6 Kota Pagaralam, Ghazali Mahmud mengatakan, Kurikulum Merdeka ialah pembelajaran intrakurikuler yang beragam sehingga konten akan lebih optimal. 

Diharapkan peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. 

"Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan kebutuhan belajar dan minat peserta didik," kata Ghazali.

Tambah Ghazali, untuk saat ini, penerapan Kurikulum Merdeka masih dilakukan secara bertahap, sesuai kondisi masing-masing sekolah. 

BACA JUGA:UBD Palembang Teken MoU dengan Jawara Palembang Business Plan

"Untuk itu, pihak sekolah sebelumnya mengisi kuesioner yang dikirim oleh Kemendikbud, sesuai dengan kondisi Sekolah masing-masing. Bagi satuan pendidikan yang menggunakan Kurikulum Merdeka, ada tiga pilihan kategori implementasinya," jelasnya.

Lanjut Ghazali, kategori mandiri belajar, kategori mandiri berubah dan kategori mandiri berbagi. 

"Kemendikbud selanjutnya menentukan kategori implementasi Kurikulum Merdeka bagi setiap Sekolah, berdasarkan kuesioner yang telah diisi sebelumnya," pungkasnya.(ald)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: