Kebutuhan Darah Tinggi, Kapolres Minta Anggota Jadi Relawan Donor Darah

Kebutuhan Darah Tinggi, Kapolres Minta Anggota Jadi Relawan Donor Darah

Kapolres OKU, AKBP Danu Agus Purnomo saat donor darah di UTD PMI OKU. -Foto: Sumeks.co-

SUMEKS.CO, OKU - Menyingkapi banyaknya kebutuhan stok darah di Kabupaten OKU, Dihari HUT Bhayangkara ke 76 tahun ini Polres OKU meminta seluruh personil untuk selalu siap jika dibutuhkan masyarakat untuk donor darah.

Hal ini diungkapkan Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo usai donor darah Rabu (6/7/2022) sore.

AKBP Danu datang ke UTD PMI OKU untuk mendonorkan darah bersama istrinya Anggita Danu.

Dikatakan Danu dirinya dan keluarga memang rutin melakukan donor darah, Apalagi saat momen hari besar seperti HUT Bhayangkara seperti saat ini.

"Donor darah ini menyehatkan dan berpahala karena kita bisa membantu sesama. Kita rutin donor darah dan kebetulan hari ini hari bakti bhayangkari yang bersamaan juga dengan HUT Bhayangkara jika kita sepakat untuk donor darah," Ujar Danu.

Dikatakan Danu, hampir disetiap daerah syok darah untuk mencukupi kebutuhan setiap daerah selalu kekurangan stok darah di Bank darah. Oleh karena itu dirinya sudah meminta personilnya untuk siaga selalu apabila ada masyarakat yang membutuhkan darah.

"Anggota kita juga kita ajak untuk donor darah rutin atau minimal adalah siaga kapan saja dibutuhkan anggota kita siap untuk donor darah. Karena kita ingin keberadaan polri bisa dirasakan ditengah masyarakat," Jelas Danu didampingi Istri.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten OKU, Yunizir Djakfar didampingi Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) dr Dody Numirsyah Sp.B mengungkapkan pihaknya menyambut baik program Kapolres OKU dan jajaran yang siap menjadi relawan donor darah.

Menurut Yunizir OKU saat ini membutuhkan 500-700 kantong darah setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan seluruh rumah sakit yang ada di Kabupaten OKU.

"Tentu jumlah ini tidak sedikit meskipun setiap bulannya masih tercukupi  karena dibantu pendonor dari keluarga.buntuk mencukupi kebutuhan ini sebenarnya kita masih butuh banyak relawan," Ujar Ujang sapaan akrabnya.

Dikatakan Ujang, dengan kebijakan Kapolres OKU dirinya berharap stok darah di PMI bisa cukup dan dapat disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kebijakan Pak Kapolres ini sangat membantu kita dibidang kemanusiaan. Setiap tahun memang polres OKU sering melakukan donor darah massal namun Kedepan kita berharap lebih banyak relawan yabg siap sewaktu-waktu dibutuhkan untuk donor," Tutup Ujang. (Ar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: