Harga Sayuran di Pagaralam Melonjak, Cabai Setan Tembus Rp80 Ribu

Harga Sayuran di Pagaralam Melonjak, Cabai Setan Tembus Rp80 Ribu

Harga komoditas sayur di Kota Pagaralam melonjak. --

SUMEKS.CO, PAGARALAM - Harga komoditas sejumlah sayuran di Kota PAGARALAM mengalami lonjakan jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Menurut petani di Dusun Tanjung Cermin, Kelurahan Nendagung lonjakan harga signifikan terjadi pada cabai setan.

Herly, petani sayur di Dusun Tanjung Cermin, menuturkan saat ini harga cabai setan di Pasar Terminal Nendagung mencapai 80 ribu per Kg untuk kualitas super.

Padahal sebelumnya dihargai 70-72 ribu per Kg, sedangkan untuk kualitas biasa dihargai 70 ribu per Kg dari 65 ribu per Kg.

BACA JUGA:Jangan Kaget, Komoditas Ini Kerek Angka Inflasi Sumsel Juni 2022

Menurut Herly, harga cabai saat ini belum dapat melampaui harga cabai pada tahun 2021 lalu yang dapat mencapai 100 ribu per kg.

"Kenaikan bisa jadi disebabkan oleh faktor cuaca, mungkin saja di daerah lain hasilnya kurang bagus, jadi jumlah panen pun berkurang," jelasnya saat dibincangi kemarin

Sebaiknya, lanjut Herly, harga komoditi sayuran ini bisa stabil agar dapat menyesuaikan dengan pengeluaran untuk perawatan lahan. "Jika harga cabai dan sayur naik tetapi harga pupuk mahal, petani tidak akan banyak mendapatkan keuntungan," katanya.

BACA JUGA:Stok Sembako Aman, Harga Masih Tinggi

Terpisah, Eti salahsatu agen sayur di Pasar Terminal mengatakan rata-rata harga sayuran mengalami kenaikan.

"Kubis dari 8.500 kini menjadi 9 ribu per kg, sop yang semula 15 ribu per kg sekarang mencapai 20 ribu per kg. Untuk cabai merah dan cabai setan hari ini tembus 80 ribu per kg, dari harga sebelumnya 70-75 ribu per kg," pungkasnya. (ald)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: