Bangun Jembatan, Sedot Rp 25 Miliar dari Bangub Sumsel

Bangun Jembatan, Sedot  Rp 25 Miliar dari Bangub Sumsel

Ardi Arfani Kadis PUTR Banyuasin.-foto:ist-

SUMEKS, CO -  BANYUASIN - Pemerintah Kabupaten Banyuasin bakal membangun jembatan baru Tanah Kering di Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin.

"Rencananya kita akan bangun jembatan Tanah Kering, mulai tahun ini, " kata Ardi Arfani Kadis PUTR  Banyuasin. 

Rencananya, tahap awal akan dibangun pada pondasi dasar yaitu bagian bawah seperti tiang dan lain sebagainya."Dianggarkan tahap awal sekitar Rp 25 miliar, melalui Bantuan Gubernur, " ujarnya. 

Usai itu akan dilanjutkan pada tahun berikutnya, rencana pembangunan jembatan tersebut. "Dibangun secara bertahap, " tukasnya. Rencananya jembatan itu akan mengantikan jembatan tanah tanah kering yang lama, karena kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk direhab atau diperbaiki.

"Sudah lama jembatan itu dibangun pada tahun 1980 an, sehingga keropos dan lain sebagainya. Jadi kita bangun jembatan baru berdampingan dengan jembatan lama, " jelasnya. 

Untuk total anggaran jembatan itu sekitar Rp 65 miliar, dengan panjang 120 meter dan lebar 7 meter. "Dengan beban tonase bisa mencapai 30 ton kendaraan, sebelumnya jembatan lama hanya bisa 5 ton saja, " tuturnya. 

Diharapkan dengan pembangunan jembatan itu, dapat mempermudah aktivitas masyarakat di dua kecamatan yaitu Pulau Rimau dan Selat Penuguan. "Serta meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mempermudah mengangkut hasil bumi di wilayah itu, " tukasnya. 

Diakuinya jembatan itu sudah beberapa kali dilakukan perbaikan, sehingga sudah selayaknya dibangun jembatan baru. Selain jembatan, Pemprov juga akan membangun jalan sepanjang 3 kilometer di Pulau Rimau menuju Selat Penuguan dengan anggaran Rp 10,8 miliar.(qda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: