Tinjau Vaksinasi Hewan Ternak, Pastikan Hewan Bebas PMK

Tinjau Vaksinasi Hewan Ternak, Pastikan Hewan Bebas PMK

Danrem 044 GAPO Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP MSi MTr (Han) didampingi Dandim 0402/OKI Letkol Inf Hendra Saputra, SSos MM MIPol bersama rombongan meninjau langsung proses vaksinasi PMK-Niskiah-

SUMEKS. CO, KAYUAGUNG - Guna memastikan hewan ternak khususnya sapi dan kambing menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah ini,  bebas Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Membuat 

Danrem 044 GAPO Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP MSi MTr (Han) didampingi  Dandim 0402/OKI Letkol Inf Hendra Saputra, SSos MM MIPol  bersama rombongan meninjau langsung proses vaksinasi PMK. 

Kegiatan vaksinasi tersebut, di Dusun Pancur, Kelurahan Kedaton, Kecamatan Kayuagung, Rabu (6/7). Apalagi saat ini, masyarakat dihadapkan dengan situasi PMK dan berdekatan dengan momen hari raya idul adha.

Situasi ini tentu menimbulkan kekhawatiran di masyarakat. Dengan ini pemerintah dengan sigap melakukan tindakan pengendalian wabah virus PMK serta memberikan sosialisasi ke masyarakat untuk tetap tenang menghadapi wabah ini.

BACA JUGA:Air Surut, Warga di Celikah, OKI Tanam Padi Lebak

"Alhamdulilah dipastikan hewan kurban untuk kebutuhan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah di Kabupaten OKI tidak ada yang terpapar PMK," ungkap Danrem. 

Sementara itu Kepala Dinas perkebunan dan peternakan kabupaten OKI, Ir Imlan Khairum menyampaikan siaga terhadap penyebaran (PMK) dari hewan ternak menjelang Idul Adha.

"Para pedagang harus disiplin dalam merawat ternak untuk memastikan ternaknya sehat dan layak konsumsi," ujarnya. 

Dijelaskan Imlan, PMK menyerang hewan ternak yang berkuku genap seperti sapi, kerbau, kambing dan domba. Untuk itu, pemkab sudah membentuk gugus tugas PMK guna mengawasi hewan ternak di pasar menjelang hari raya nanti. (nis) 

Danrem 044 Gapo, dandim 0402/OKI-OI berserta rombonngan Pemkab OKI saat meninjau vaksinasi cegah PMK ke hewan ternak, di Dusun Pancur Kelurahan Kedaton Kayuagung, Rabu (6/7). (nis/ril)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: