1.500 Dosis Vaksin Disuntikan ke Hewan Ternak di Ogan Komering Ilir

1.500 Dosis Vaksin Disuntikan ke Hewan Ternak di Ogan Komering Ilir

Sadi Purwanto SP MSi-Niskiah-

SUMEKS.CO, KAYUAGUNG - Sebanyak 1.500 dosis vaksin disuntikan ke hewan ternak guna mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) OKI, Ir Imlan Kairum melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sadi Purwanto SP MSi, menjelaskan sebanyak 1.500 dosis vaksin itu datangnya bertahap. Tahap  awalnya 200 dosis baru ada tamahan lagi sebanyak 1.300 dosis pada akhir Juni lalu.

"Hewan ternak di OKI yang menjadi sasaran vaksin terus disuntik, dimana pelaksanaanya setiap hari oleh petugas dari Puskeswan. Mudah-mudahan hari ini target 1.500 dosis vaksin selesai," terang Sadi, kepada sumeks.co, Selasa (5/7).

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaan vaksinasi  hewan ternak ini khususnya sapi, pihaknya menyiapkan tujuh tim. Meliputi Puskeswan Mesuji Makmur, Lempuing Jaya, Puskeswan Pampangan, Kayuagung, termasuk didalamnya hewan ternak di Kecamatan Pedamaran.

BACA JUGA:313,866 Hektar Lahan di OKI Terbakar Sepanjang 2021

"Karena setiap hari petugas vaksin hewan ternak, kemungkinan sampai sore ini selesai dan capai target 1.500 dosis. Dimana untuk pagi kemarin telah mencapai 1.004 ekor hewan yang telah divaksin," jelasnya.

Masih kata Sadi, vaksin untuk hewan ternak ini diberikan dosis 1 dan langsung booster. Untuk booster dilaksanakan setelah jeda 6 bulan waktunya dari dosis 1. Untuk diketahui adapun
populasi hewan ternak jenis sapi di Kabupaten OKI terdata ada sebanyak 33.777 ekor.  Populasi tersebut tedapat di Puskeswan l Lempuing dan Mesuji.

Kemudian, untuk populasi kambing tedata ada sebanyak  30.961 ekor. Hewan ternak jenis kambing ini banyak terdapat di semua Kecamatan di Kabupaten OKI.

Untuk hewan ternak jenis kerbau ada sebanyak 6.932 ekor banyak terdapat di Kecamatan Pampangan, Pangkalan Lampam dan Jejawi. (nis) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: