Pali Mulai Vaksinasi PMK Tahap Pertama

Pali Mulai Vaksinasi PMK Tahap Pertama

SUMEKS.CO, PALI - Hingga saat ini kasus Penyakit Mulut dan Kuku di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) masih tercatal nol kasus.

Untuk mencegah penyebaran virus yang menyerang hewan ternak berkaki empat itu, Dinas Pertanian Kabupaten PALI yang membawahi Bidang Peternakan mulai memberikan vaksin tahap pertama terhadap hewan ternak.

Pelaksanaan vaksinasi ternak tahap pertama itu dilaksanakan di lokasi Peternakan Sapi, Talang Kerangan, Kelurahan Talang Ubi Utara, Kecamatan Talang Ubi, Rabu (29/06).

Lanuching vaksinasi PMK tahap pertama itu dilakukan Asisten II Setda PALI, Rusdi SSos dihadiri Kapolsek Talang Ubi, perwakilan Kodim 0404 MPP dan sejumlah kepala OPD terkait dilingkungan Pemkab PALI.

BACA JUGA:Menjelang Iduladha Belasan Ternak di Lahat Mati Diserang PMK

Plt Kepala Dinas Pertanian PALI, Ahmad Jhoni SP MM mengatakan, vaksinasi untuk tahap pertama disiapkan 400 vaksin yang akan diberikan di empat kecamatan.

"Sebenarnya kita mengusulkan 2.000 vaksin lebih, tapi baru datang 400 vaksin dan langsung kita laksanakan," katanya.

BACA JUGA:Ini 2 Strategi Pemerintah Kendalikan Penyebaran PMK

Dirinya menerangkan, vaksin yang sudah datang itu akan diberikan di empat kecamatan yakni Kecamatan Talang Ubi, Tanah Abang, Abab dan Penukal.

"Kalau untuk Kecamatan Penukal Utara tidak kita lakukan vaksin, karena di Kecamatan Penukal Utara sudah pernah ada suspek PMK," terangnya.

BACA JUGA:Kadis DKPP Klaim Wabah PMK Hanya 197 Kasus

Lebih lanjut ia menjelaskan  total populasi sapi di Kabupaten PALI sebanyak 4.343 ekor, namun yang siap untuk divaksin sebanyak 2.120 ekor.

"Vaksin yang diberikan jenis Aftopor dari Perancis. Mudah-mudahan dengan diberikan vaksin maka dapat mencegah penyebaran PMK di Kabupaten PALI," jelasnya. (ebi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: