Arab Saudi Umumkan Idul Adha 2022 Jatuh pada Sabtu 9 Juli

Arab Saudi Umumkan Idul Adha 2022 Jatuh pada Sabtu 9 Juli

Arab Saudi telah mengonfirmasi penampakan hilal Dzulhijjah pada Rabu (29/6). Keputusannya, Idul Adha akan dirayakan di Kerajaan Arab Saudi pada Sabtu, 9 Juli 2022 mendatang.--Ummid.com

SAUDI - Arab Saudi telah mengonfirmasi penampakan hilal Dzulhijjah pada Rabu (29/6), seperti dikutip Ummid.com. Keputusannya, Idul Adha akan dirayakan di Kerajaan Arab Saudi pada Sabtu, 9 Juli 2022 mendatang.

Berdasar penampakan bulan Idul Adha, Hari Arafah (Youm ul Hajj) telah dikonfirmasi pada Jumat, 8 Juli 2022 dan perayaan Idul Adha akan dimulai pada Sabtu, 9 Juli 2022. Pejabat dari Haramain Syarifain di Makkah memastikan hal itu.

BACA JUGA:Rizky Billar Minta Maaf Langsung ke Kedubes Arab Saudi, Diundang Naik Haji tapi Batal Berangkat

Youm e Arafah (Youme Arafah) atau Hari Arafah adalah hari ke-9 Dzulhijjah ketika jutaan umat Muslim dari seluruh dunia berkumpul di dataran Arafah untuk melakukan haji. Catatan Arab Saudi, diperkirakan 10 juta umat Muslim dari seluruh dunia menjalankan ibadah haji tahun ini.

Sementara, pada tahun 2020 hanya 1.000 umat Muslim yang menjalankan ibadah haji, dan pada 2021 hampir 60 ribu peziarah berpartisipasi dalam ritual tahunan. Jumlah jemaah haji dalam dua tahun terakhir dibatasi karena masih pandemi Covid-19.

BACA JUGA:SAH, Idul Adha Jatuh Pada Tanggal 10 Juli 2022

Tahun ini, ibadah haji dimulai pada 6 Juli 2022, menyusul penampakan hilal di Arab Saudi dan Idul Adha tiga hari kemudian, pada 9 Juli. Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan semua umat Muslim yang mampu secara finansial dan fisik diwajibkan untuk melakukannya sekali dalam hidup mereka. (jawapos)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: