Air Surut, Warga di Celikah, OKI Tanam Padi Lebak

Air Surut, Warga di Celikah, OKI Tanam Padi Lebak

Maryati, warga Desa Celikah, Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir menanam padi di lahan lebak.-Niskiah-

 

SUMEKS.CO, KAYUAGUNG - Warga Dusun 3 RT 9 Desa Celikah, Kecamatan Kayuagung OKI mulai menanam padi di lahan lebak. 

Maryati, salah seorang warga, menjelaskan sudah hampir empat ini menanam padi. Jenis padi yang ditanam adalah padi serang. 

"Sudah beberapa hari ini Kami menanam padi, airnya sudah mulai surut jadi sudah bisa menanam," ujarnya, kepada sumeks.cCo, Selasa (28/6). 

Dia menyebut, memang setiap tahun di bulan Juni seperti ini, warga mulai menanam padi kembali. Genangan air di lahan sawah sudah mulai surut. 

BACA JUGA:Disdukcapil OKI Imbau Orang Tua Buat KIA

Lahan sawah miliknya yang ditanami ada sebanyak dua bidang. Dari penanaman padi ini untuk hasil panen padinya nanti bisa mendapatkan sebanyak 20 karung padi per bidangnya. Sehingga dua bidang sawah miliknya menghasilkan 40 karung padi. 

"Kalau untuk panen nanti dua bulan lebih sudah bisa panen padi. Padi jenis serang memang cepat. Kalau tidak ada penyakit atau hama hasil panen lumayan banyak," terang warga yang keseharian sebagai petani sawah. 

Hami yang sering menyerang tanaman padi warga, yakni hama tikus, burung dan sebagainya. Akibatnya hasil panen berkurang. 

Dia menambahkan, hasil dari tanam padi itu dipergunakan untuk makan sehari-hari, hanya dijual sedikit saja. Jadi tidak perlu lagi membeli beras. Kalau dijual satu kaleng beras sebesar Rp 150 ribu. 

"Karena hasil padi tidak begitu banyak jadi hanya sedikit saja yang dijual, sisanya untuk sendiri," tukasnya.(nis)

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: