Jalan di Kayuagung, OKI Sudah Dipasang Perangkat ETLE

Jalan di Kayuagung, OKI Sudah Dipasang Perangkat ETLE

Polres OKI sudah memasang perangkat tilang elektronik di Jl Muchtar Saleh, Kayuagung.-Niskiah-

SUMEKS. CO, KAYUAGUNG – Perangkat tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcemnet (ETLE)  di Wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) khususnya Kayuagung telah terpasang. 

"Iya untuk ETLE sudah terpasang di jalan protokol Muchtar Saleh, Kayuagung, tepatnya di simpang empat lampu merah Polsek Kayuagung," kata Kapolres OKI AKBP Dili Yanto SH MH melalui Kasat Lantas, AKP M Sadeli SH, kepada sumeks.co, Selasa (28/6). 

Menurut Sadeli, untuk penerapan ETLE di Kabupaten OKI ini memang telah dibahas beberapa waktu lalu hingga akhirnya telah dilakukan pemasangan. 

"Pemasangan itu sudah hampir satu mingguan ini oleh Dirlantas Polda Sumsel. Dengan telah dipasangnya ETLE itu, maka dilakukan uji coba. Mengenai launchingnya bakal dilakukan dalam waktu dekat secara serentak," ungkapnya. 

BACA JUGA:Polres OKI Prioritas Tujuh Pelanggan Lalulintas

Lebih lanjut dikatakan, untuk saat ini baru satu titik ETLE yang terpasang dan diuji coba. Nanti untuk titik atau lokasi akan menyusul. 

Menurut Sadeli, memang di era digital, sesuai dengan arahan Presiden, semuanya dituntut cepat, tepat dan akurat dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. 

Seperti diketahui, Sumsel menjadi provinsi yang paling awal dan paling banyak dalam menerapkan ETLE ini, maka sangat mendukung sistem tilang elektronik yang akan diterapkan di wilayah OKI. 

"Dalam penerapan ETLE memberikan banyak manfaat terutama dalam mendisiplinkan masyarakat agar lebih tertib berlalu lintas. Yakni bisa memberikan efek," jelasnya. 

BACA JUGA:Pemkab OKI Dukung Program MERA

Ditambahkan, selain itu juga bisa mendeteksi kendaraan yang belum membayar pajak, tentu hal ini bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). ETLE  juga berguna untuk mendeteksi orang dengan catatan kriminal misalnya mendeteksi DPO dan sebagainya. 

"ETLE ini juga berguna dalam mengungkap kasus kejahatan, karena memiliki teknologi Face Recognition 9 Megapiksel. Sistem ETLE berjalan 24 jam penuh. bukan hanya pelanggaran, tetapi juga bisa memantau trafic kendaraan, dan juga dikembangkan untuk mendeteksi Kendaraan Over Load Over Dimension atau ODOL, jadi sangat banyak sekali manfaatnya," pungkasnya. (nis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: