Kurniawan Pastikan Warga Terdampak Banjir di Muara Enim Ditangani dengan Baik

Kurniawan Pastikan Warga Terdampak Banjir di Muara Enim Ditangani dengan Baik

CEK : Pj Bupati Muara Enim didampingi Kadin PUPR melihat kondisi rumah warga pasca terendam banjir.--

SUMEKS.CO- MUARA ENIM - Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi, memintah Pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Pemerintah Desa untuk monitoring langsung keadaan warga pasca terdampak banjir di Kelurahan Pasar Tanjung Enim, Desa Lingga dan Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul dan wilayah Kecamatan Muara Enim.

“Kondisi rumah warga yang terdampak sudah ditinjau. Dirinya juga sudah memastikan ketersediaan bantuan pangan dan penanganan kesehatan untuk warga yang terdampak banjir,” ujar Kurniawan, Senin (27/6).

Dirinya menyampaikan, bahwa sejak mendapat laporan terjadinya banjir akibat meluapnya Sungai Enim di sejumlah desa dan kelurahan di Kecamatan Muara Enim dan Kecamatan Lawang Kidul, dirinya langsung menginstruksikan dinas terkait, terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial untuk segera mengambil langkah penanganan, termasuk evakuasi warga.

Seusai berkeliling meninjau rumah-rumah warga, kata dia, dirinya juga melihat kondisi jembatan gantung yang putus di Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul dan mengumpulkan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, termasuk Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim di Posko Masjid Assa’adah untuk segera mendata dan menginventarisir korban terdampak maupun kerusakan rumah ataupun fasilitas publik lainya. 

Melihat kondisi yang ada, kata Kurniawan, bahwa bencana banjir ini masih dapat ditangani oleh Pemkab Muara Enim yang nantinya juga dibantu oleh perusahaan sekitar. “Yang terpenting saat ini para warga terdampak mendapatkan bantuan pangan, penyediaan dapur umum, pos evakuasi dan obat-obatan yang cukup,” tegasnya.

Lebih lanjut, bersama tim teknis Pj Bupati akan mencari solusi terbaik untuk mengantisipasi kejadian serupa yang memang kerap terjadi setiap tahun khususnya di musim penghujan. 

Salah satu yang dapat diupayakan menurutnya dengan memperbaiki sistem drainase pemukiman warga ataupun menormalisasi Sungai Enim, seperti penghijauan, memperkuat tebing sungai, galian maupun pembuatan pintu air sehingga dapat meminimalisir risiko banjir di kemudian hari. 

“Saya akan terus memantau penanganan dan menghimbau warga untuk selalu waspada jika intensitas curah hujan kembali tinggi. Besok saya akan kembali meninjau langsung dan menyambangi warga korban banjir,” pungkasnya.(ozi)

CEK : Pj Bupati Muara Enim didampingi Kadin PUPR melihat kondisi rumah warga pasca terendam banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: