Event Vokasi 2022, Hadirkan Kolaborasi SMK Dan DUDI

Event Vokasi 2022, Hadirkan Kolaborasi SMK Dan DUDI

--

SUMEKS.CO, CIMAHI - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus mendorong beragam upaya kolaborasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) untuk menciptakan lulusan yang akan menciptakan lapangan kerja maupun lulusan siap kerja. Salah satu upaya tersebut dihelat melalui Gelar Vokasi 2022 bertajuk

“Kolaborasi antara Ditjen Diksi dan Industri dan Dunia Kerja dalam mewujudkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia” dilaksanakan mulai tanggal 22 sampai dengan 24 Juni 2022 di Kantor Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI).

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbudristek, Suharti mengatakan antusias dan optimis terhadap hasil karya dari anak bangsa yang berkualitas dan dapat bersaing dengan industri luar negeri. 

Kami yakin bahwa kita bisa melakukan banyak hal untuk bisa memastikan ekonomi Indonesia menjadi baik dengan ketersediaan produk dalam negeri yang semakin banyak, dan tentunya yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa masyarakat indonesia mencintai produk dalam negeri.

Target pasar di Indonesia tidak menutup kemungkinan untuk hasil karya anak bangsa khususnya vokasi dapat diminati dan digandrungi oleh masyarakat di seluruh Indonesia, mengingat pangsa pasar Indonesia yang sangat luas dengan jumlah penduduk yang banyak,"tambah Suharti.

Lalu bagi kami, tantangan akan lebih banyak untuk selanjutnya teman-teman di vokasi ini dapat menyiapkan produk-produk yang tentunya dengan teknologi yang lebih baik.

Sementara itu, Kepala BBPPMPV BMTI, Supriyono dalam laporannya mengatakan bahwa Gelar Vokasi 2022 juga sebagai Vokaborasi 2022, memiliki peran penting dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia agar lebih berkualitas dan dapat bersaing di era 4.0 saat ini.

“Tantangan saat ini bagi lembaga pendidikan untuk dapat menyiapkannya dengan lebih baik, industri sebagai bagian penting yang tidak boleh kita tinggalkan dan tidak terpisahkan dari pendidikan vokasi. Selain itu juga, Industri memiliki peran yang sangat krusial dalam memajukan pendidikan vokasi, harmonisasi antara pendidikan vokasi, dan industri akan menghasilkan sumber daya manusia dengan kemampuan yang diakui dan tingkat kepekerjaan yang tinggi,” tambah Supriyono.

Kegiatan Gelar Vokasi 2022 menghadirkan peluncuran perdana Mahakarya Vokasi yaitu tayangan _metaverse_ produk-produk karya insan vokasi yang sudah dikurasi serta direncanakan akan ditampilkan kepada publik pada bulan Agustus saat Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas), pameran dan pentas seni. 

Pelaksanaan pameran yang dilakukan baik di dalam dan luar ruangan ini diisi oleh 17 stan/gerai dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi/ Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi, industri, SMK, serta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Salah satu karya unggulan SMK yang dihadirkan dalam pameran yaitu simulator kapal (_ship simulator_) dari SMK Kelautan dan Perikanan Puger, Jember. Siswa kelas XI jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) 2 SMK Kelautan dan Perikanan Puger, Rikza Ihza Mahendra memberikan penjelasan mengenai penggunaan simulator tersebut kepada Sekretaris Ditjen Pendidikan Vokasi, Wartanto yang didampingi oleh Kepala BBPPMPV BMTI, serta Direktur di lingkungan Ditjen Pendidikan Vokasi, dan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bidang Bisnis Berbasis Teknologi Terapan Provinsi Jawa Barat, Hadi S. Cokro.

“Kita harapkan lebih banyak masyarakat yang dapat menikmati dan melihat hasil karya anak bangsa, dan semoga industri banyak yang tertarik untuk menggunakan teknologi yang kita hasilkan di dalam produksi mereka,” tutup Suharti. (Dod)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: