Kenalkan Budaya kepada Anak-anak Sejak Dini

Kenalkan Budaya kepada Anak-anak Sejak Dini

--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Sekolah Alam Palembang mengadakan festival budaya nusantara yang diikuti seluruh anak didiknya yakni mulai dari PG, TK, SD, SMP dan SMA di lingkungan sekolahnya, Sabtu (25/6).

 "Ini tujuannya untuk mengenalkan budaya masing-masing daerah," ujar Ketua Yayasan penyelenggara sekolah alam Palembang Prof Dr dr Yuwono.

 Pada kegiatan festival budaya ini para anak-anak menampilkan 11 budaya mulai dari Aceh Darussalam yaitu Gayo, Batak, Minang, Palembang, Betawi, Sunda, Jawa, Bali, Dayak, Toraja, dan suku Asmad.

 "Apa yang dipelajari anak-anak yang pertama jelas budaya, yang meliputi bahasa, pakaian, makanan, kebiasaan dan karya-karyanya, termasuk rumah adatnya," ungkap Yuwono.

 

Lanjutnya, kegiatan ini termasuk kurikulum utama di sekolah alam Palembang, supaya mengenalkan semuanya.

 "Di sini bukan hanya belajar akademik tetapi juga belajar budaya, yang sekarang ikut andil ada tiga kelompok yakni kelompok anak-anak, guru, dan orang tua. Jadi ini kolaborasi luar biasa," kata Yuwono.

 Dia mengaku, bahwa ada sekitar 240 orang peserta mengikuti festival budaya nusantara ini.

 "Jadi yang ikut semuanya terlibat, imbauan jangan sampai kita sebagai bangsa yang lupa akan jati diri budaya, sejak dini mereka harus tau, dan anak-anak menghayati dan senang sehingga benar-benar tau mengenai budaya kita bangsa Indonesia," tutupnya. (dey)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: