Cuaca Ekstrem, JCH Diimbau Membawa Sandal Khusus

Cuaca Ekstrem, JCH Diimbau Membawa Sandal Khusus

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumsel mengimbau Jemaah Calon Haji (JCH) embarkasi Palembang yang akan berangkat menuju tanah suci Mekah untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi saat ini.

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan mengatakan, bagi JCH embarkasi Palembang yang akan berangkat pada 25 Juni mendatang hendaknya mempersiapkan sandal yang tahan panas selama berada di Mekkah.

"Kami mengimbau agar menyiapkan sendal khusus yang tahan panas," kata Syafitri Irwan di Asrama Haji Palembang, Kamis (23/6).

Hal ini lanjut Irwan, mengingat cuaca ekstrem yang terjadi di Arab Saudi. Sehingga diharapkan kepada semua JCH yang akan berangkat untuk membawa persiapan sandal yang tidak berbahan karet. Selain itu diimbau agar menyiapkan tempat menyimpan sandal baik itu di bagasi ataupun koper JCH masing-masing.

BACA JUGA:
JCH Embarkasi Palembang Berangkat 25 Juni 

"Dikhawatirkan kalau sandal yang berbahan karet dapat melepuh saat berada di sana (Mekah)," ucapnya.

Sementara, Kemenkes mengimbau terkait dengan suhu ekstrem tahun ini, para jemaah disarankan untuk menghindari paparan panas di luar gedung secara langsung, jemaah dianjurkan selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti topi, sunblock, kacamata hitam.

Dan sesering mungkin menyemprotkan tubuh dengan cairan yang diberikan dan tidak menggunakan baju hitam atau gelap karena akan menyerap panas.

Hal penting lainnya yaitu menjaga diri dari kekurangan cairan dengan minum sesering mungkin dengan menggunakan oralit dan jangan tunggu haus. Selain itu, untuk menjaga badan agar tetap sehat dan bugar, makan makanan yang disediakan dan istirahat yang cukup.

Diketahui, cuaca di Arab Saudi saat ini di siang hari mencapai 52 derajat celcius dengan kelembapan kurang dari 60 persen. (edy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: