Tiga Pemain Naturalisasi Bisa Main di Piala Asia

Tiga  Pemain Naturalisasi Bisa Main di Piala Asia

Jordi Amat (kiri) dan Sandy Walsh diupayakan membela timnas Indonesia di Piala Asia 2023. (PSSI.org)--

SUMEKS.CO- Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 setelah menang telak 7-0 atas Nepal pada laga penentuan.

Di putaran final, skuad Garuda akan bertanding melawan negara-negara yang kekuatannya lebih bagus. Karena itu, PSSI terus mengupayakan penambahan kekuatan timnas.

Salah satunya adalah menyelesaikan proses naturalisasi tiga pemain. Yakni, Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama. Ketiganya sudah datang ke Indonesia untuk menyelesaikan dan menandatangani beberapa dokumen untuk mempercepat proses tersebut.

BACA JUGA:Kemenag Imbau Jemaah Tidak Bawa Atribut Identitas di Tanah Suci

AFC rencananya menggelar putaran final Piala Asia 2023 pada 16 Juni–16 Juli. Jadi, masih ada waktu satu tahun untuk membereskan proses naturalisasi para pemain tersebut.

Anggota Exco PSSI Hasani Abdulgani mengatakan, dokumen ketiganya saat ini sudah berada di Sekretariat Negara. Tinggal tiga tahapan lagi yang harus dilalui. ’’Setelah itu ke DPR, lalu ke Presiden Joko Widodo,’’ jelasnya.

BACA JUGA:Jatanras Amankan 10 Pelaku Pengeroyokan di SPBU, Semua di Bawah Umur

Hasani bersyukur sejauh ini proses naturalisasi tidak menemui hambatan. Artinya, tiga pemain itu sangat mungkin bisa berkostum Merah Putih untuk Piala Asia tahun depan. ’’Insya Allah. Semoga semuanya lancar,’’ ujarnya.

Pria yang secara khusus diberi mandat PSSI untuk mengurus proses naturalisasi itu mengaku belum berkomunikasi lagi dengan pelatih timnas Shin Tae-yong. Khususnya soal apakah STY berencana meminta tambahan pemain naturalisasi lagi atau tidak.

’’Tapi, sejauh ini hanya tiga pemain itu saja,’’ ucapnya. ’’Belum ada rekomendasi nama baru,’’ lanjutnya.

Ditanya kapan Jordi, Sandy, dan Shayne akan mendapat paspor Indonesia, Hasani belum bisa memastikan. Yang jelas, saat ini proses yang dijalani tidak menemui kendala apa pun.

’’Kami berusaha secepatnya. Agar timnas juga bisa melakukan persiapan dengan tiga pemain naturalisasi ini,’’ tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: