Banner Pemprov
Pemkot Baru

Progres Jalan Tol Betung-Jambi Seksi 1A Capai 49 Persen, HKI Perkuat Konektivitas di Sumsel

Progres Jalan Tol Betung-Jambi Seksi 1A Capai 49 Persen, HKI Perkuat Konektivitas di Sumsel

Progres pembangunan Jalan Tol Betung-Jambi Seksi 1 yang akan menyambungkan Betung menuju Supat Induk ini, telah mencapai 49 persen per akhir September 2025..--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang konstruksinya dikerjakan oleh PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) terus berlanjut, salah satunya yakni Proyek Jalan Tol Betung-Jambi Seksi 1A. 

Progres pembangunan tol yang akan menyambungkan Betung menuju Supat Induk ini, telah mencapai 49 persen per akhir September 2025.

"Pada proyek Jalan Tol Betung-Jambi Seksi 1A, HKI mengerjakan mainroad sepanjang 30,8 km, akses road interchange Betung sepanjang 2,2 km, Gerbang Tol Betung, Intersection Betung dan jembatan underpass," ujar Direktur Operasi III HKI, Aditya Novendra Jaya.

Tol Betung-Jambi Seksi 1A ini akan memotong waktu tempuh dari Betung ke Supat Induk yang sebelumnya 90 menit melalui jalan nasional menjadi 30 menit. Selain menyambung konektivitas di Sumatra Selatan, proyek ini juga mendatangkan manfaat bagi masyarakat sekitar. 

BACA JUGA:Progres Tol Betung-Jambi Seksi IV Capai 68 Persen, Sejumlah Fasilitas Dibangun untuk Buka Konektivitas

BACA JUGA:Tol Betung-Jambi, Jalan Baru Harapan Baru untuk Sumatra Selatan dan Jambi, Terapkan QHSSE

Aktivitas proyek mendorong peningkatan penjualan bahan pokok di Betung karena banyaknya pekerja, serta membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat setempat dimana 38 persen karyawan proyek merupakan warga lokal.

Proyek ini tidak hanya menekankan percepatan pembangunan fisik, tetapi juga peningkatan mutu melalui penerapan teknologi konstruksi modern.

"Teknologi yang digunakan meliputi Building Information Modelling (BIM) untuk koordinasi desain dan pelaksanaan secara efisien, survei topografi berbasis LiDAR untuk akurasi perencanaan, serta Electronic Density Gauge (EDG) untuk verifikasi kepadatan tanah tanpa merusak permukaan. Selain itu, UAV Photogrammetry dan Terrestrial Laser Scanner (TLS) dimanfaatkan untuk memastikan keakuratan data volume pekerjaan, sementara Load Scanner digunakan untuk verifikasi volume material. Inovasi Immersite360 dari HKI, program yang menggabungkan realitas virtual dengan dunia nyata, memungkinkan pemantauan kondisi lapangan secara virtual dan interaktif, sehingga meningkatkan transparansi, efektivitas pengawasan, dan percepatan pengambilan keputusan berbasis data," terang Aditya.

Pembangunan Jalan Tol Betung-Jambi Seksi 1A menerapkan prinsip konstruksi ramah lingkungan melalui berbagai langkah berkelanjutan. Pemantauan kualitas udara, air, emisi, dan pengelolaan limbah dilakukan sejak pra-konstruksi hingga pelaksanaan melalui program berbasis risiko. Alat berat yang digunakan berumur muda untuk menekan emisi, sementara limbah B3 dikelola secara komprehensif. 

BACA JUGA:Pembangunan Tol Betung-Jambi, Pj Bupati Apriyadi Mahmud Dorong Penyelesaian Pengadaan Tanah

BACA JUGA:Tol Betung-Jambi Bakal Tambah Panjang, dari 21,8 km Menjadi 23,3 Km, Tapi Lebih Hemat Rp2,6 Miliar Kok Bisa?

Mutu dan kepedulian lingkungan dijaga melalui program QHSSE Pass, serta dilakukan re-plantasi di lahan terbuka guna menjaga ekosistem. Melalui langkah-langkah di atas, HKI menegaskan komitmennya agar pembangunan infrastruktur tetap selaras dengan prinsip keberlanjutan.

"Ke depan, kami berharap keberlangsungan proyek ini dapat terus memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar, tidak hanya melalui menyambungkan konektivitas tetapi juga peningkatan ekonomi lokal," tutup Aditya Novendra Jaya, Direktur Operasi III HKI.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel

Sumber:

Berita Terkait