Waspada! Ini Ciri-ciri Skincare Overclaim, Jangan Sampai Kemakan Iklan

Minggu 27-10-2024,15:24 WIB
Reporter : Suci Harahap
Editor : Suci Harahap

Ciri ini mungkin yang paling mudah dikenali dimana produk skincare yang overclaim sering kali menggunakan kata-kata yang sangat bombastis dan menjanjikan hasil instan yang tidak masuk akal.

BACA JUGA:Klarifikasi Nikita Mirzani Soal Senggol Penyanyi Minang Fauzana: Gue Gak Kenal Cuma Bahas Skincare

BACA JUGA:Heni Sagara Sebut 2 Dokter Yang Menyudutkannya Buat Skincare di Pabriknya, Dokter Richard Lee Mengakui Tapi?

Beberapa contohnya adalah ajaib atau revolusioner dimana produj yang mengklaim dapat mengubah kulit secara ajaib atau merupakan revolusi dalam perawatan kulit patut dicurigai. 

Perubahan kulit membutuhkan waktu dan konsistensi jadi produk yang menjanjikan kulit cerah berseri dalam semalam atau menghilangkan semua kerutan dalam hitungan minggu sangat tidak realistis.

Penggunaan kata-kata hiperbolik seperti sempurna, tak tertandingi atau mukjizat jugasering digunakan untuk melebih-lebihkan khasiat produk.

Mengapa harus diwaspadai? Klaim-klaim yang berlebihan ini seringkali tidak didukung oleh bukti ilmiah yang kuat dan hanya bertujuan untuk menarik perhatian konsumen.

BACA JUGA:Tips Terhindar dari Skincare Abal-abal, Perhatikan Beberapa Hal Ini Jika Mau Kulit Aman

BACA JUGA:Fenomena Owner Brand Skincare Ramai Minta Maaf, Doktif: Tanggung Jawabnya Apa?

2. Informasi Produk yang Tidak Jelas atau Menyesatkan

Produk skincare yang berkualitas akan mencantumkan informasi produk yang jelas dan mudah dipahami oleh konsumen. 

Namun, produk yang overclaim cenderung tidak mencantumkan daftar bahan lengkap.

Informasi tentang kandungan produk yang tidak lengkap atau tidak jelas dapat mengaburkan manfaat sebenarnya dari produk tersebut.

BACA JUGA:BPOM Akhirnya Tangguhkan Pabrik Mafia Skincare, Doktif Bersorak Lega

BACA JUGA:Usai Dituding Kebagian Saham Daviena Skincare, dr Richard Lee Buka Suara dan Minta Maaf

Selain itu juga penggunaan istilah-istilah ilmiah yang rumit tanpa penjelasan yang memadai dapat membuat konsumen bingung dan sulit untuk menilai klaim produk.

Kategori :