Terangi Martapura, Pjs Bupati OKU Timur Normalisasikan Ratusan Lampu Jalan

Sabtu 19-10-2024,17:51 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

OKU TIMUR, SUMEKS.CO - Ratusan titik lampu penerangan jalan umum (LPJU) di Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan dinormalisasi.

Normalisasi LPJU tersebut secara simbolis dilakukan oleh Pjs Bupati OKU Timur Prof Dr HM Edwar Juliartha SSos MM, Dusun Bukit Napuh, Kelurahan Bukit Sari, Kecamatan Martapura, Sabtu 19 Oktober 2024.

Pjs Bupati OKU Timur Prof Juliartha mengatakan normalisasi LPJU ini sengaja dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Dia mengatakan perlakuan lampu jalan umum ini tentu memiliki perlakuan yang berbeda. Pertama harus teregistrasi dan harus standar. 

BACA JUGA:Kocak, Emak-emak di Blitar Tiba-tiba Ngaku Bos Minimarket Minta Sama Kasir Supaya Semua Belanjaannya Gratis

BACA JUGA:Ngopi Bareng Wartawan, Pjs Bupati OKU Timur Berharap OKU Timur Sejuk Musim Pilkada

"Kalau lampu jalan ini hanya mencakok tegangan listrik maka dianggap ilegal. Maka akan ditertipkan oleh pihak PLN," katanya. 

Selain itu, lanjutnya, kalau lampu yang dipasang tidak standar, akan rentan terjadi konsleting, mengakibatkan terbakar maupun dapat memadamkan lampu lain.

"Makanya dengan lampu jalan yang sudah teregistrasi dan standar minimal bisa mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya. 

Seperti diketahui, sebanyak 70 titik lampu jalan yang dipasang warga secara mandiri atau ilegal diputus oleh pihak PLN.

BACA JUGA:Cermati, Berikut Cara Mudah Menghindari Modus Penipuan Beli Mokas Melalui Online

BACA JUGA:Update, Beredar Video Joni Ubak Minta Maaf Setelah Ribuan Pendekar PSHT Datang ke Polres OKU Timur

"Sebagai upaya pemerintah daerah Kabupaten OKU Timur, agar di titik-titik yang sudah dipadamkan tadi dnormalisasi. Secara bertahap nanti kita selesaikan," kata Prof Edwar. 

Kemudian kalau sudah terintegrasi maka pembayaran lampu akan menjadi tanggungan pemerintah sebagai fasilitas umum berupa penerangan. 

"Tahap awal ini kita normalisasi di wilayah Bukit Sari, kemudian bertahap akan diselesaikan juga lampu-lampu yang ada di wilayah lain. Tidak hanya 70 titik, tapi ratusan," katanya.

Kategori :