Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono Lantik 67 Pejabat, Dorong Transparansi dan Reformasi Birokrasi

Selasa 15-10-2024,22:11 WIB
Reporter : Zeri
Editor : Zeri

SUMEKS.CO - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), secara resmi melantik 67 pejabat baru di lingkungan Kementerian ATR/BPN pada Senin, 14 Oktober 2024.

Pelantikan yang berlangsung di Aula Prona, Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, ini melibatkan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Pratama, serta Pejabat Administrator dan Fungsional.

Dalam pidato pelantikannya, Menteri AHY menyampaikan ucapan selamat kepada para pejabat yang baru saja dilantik, terutama Dalu Agung Darmawan yang menjabat sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) dan Yulia Jaya Nirmawati yang menduduki posisi sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Agraria.

“Irjen Kementerian ATR/BPN memiliki tanggung jawab besar dalam memastikan integritas dan transparansi di seluruh aspek kerja kementerian. Tantangan terbesar kita saat ini adalah membangun ekosistem Zona Integritas yang tidak hanya naratif, tetapi juga nyata dalam bentuk transparansi dan akuntabilitas, yang merupakan harapan utama masyarakat,” ujar AHY.

BACA JUGA:Kementerian ATR/BPN Raih Penghargaan Pelayanan Publik, Dorong Pelayanan Prima di Seluruh Indonesia

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN AHY Lulus Doktor dengan Predikat Cumlaude dari Universitas Airlangga

Menteri AHY menekankan bahwa Zona Integritas sebagai bagian dari Reformasi Birokrasi tidak hanya sekadar slogan.

Implementasi yang baik dari kebijakan ini diharapkan dapat memberikan dampak nyata bagi masyarakat, terutama dalam layanan pertanahan seperti sertifikasi tanah dan penataan tata ruang.

“Produk layanan kita, mulai dari sertipikasi tanah hingga pengaturan tata ruang, harus berdampak positif terhadap perekonomian dan kesejahteraan sosial masyarakat,” tegas AHY.

Kepada Dirjen Penataan Agraria, AHY memberikan arahan khusus terkait pelaksanaan Reforma Agraria, terutama dalam dua aspek utama yaitu Penataan Aset dan Penataan Akses.

BACA JUGA:Penuh Haru, Menteri AHY Raih Gelar Doktor untuk Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono

BACA JUGA:Menteri AHY dan Ketua Umum KADIN Bahas Peluang Sinergi untuk Membangun Ekonomi Indonesia

AHY berharap bahwa kendala-kendala yang ada dalam pelaksanaan program ini dapat diselesaikan dengan baik, sehingga masyarakat dan negara dapat memperoleh manfaat yang optimal.

“Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, semoga Reforma Agraria yang mencakup Penataan Aset dan Akses semakin memberikan manfaat bagi masyarakat dan negara,” ujar AHY.

Selain itu, AHY juga menyoroti peran Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi yang baru dilantik. Ia menekankan pentingnya pengelolaan administrasi pertanahan di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Kategori :