Survei Terbaru Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2024: 1 Paslon Tak Terbendung, 2 Lainnya Rebutan Suara

Selasa 15-10-2024,14:04 WIB
Reporter : Edi Handoko
Editor : Edi Handoko

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Update terbaru hasil survei Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2024, Herman Deru-Cik Ujang unggul 64,7 persen, disusul Mawardi Yahya-Anita Noeringhati 15 persen, dan Eddy Santana Putra-Riezky Aprilia 10,3 persen.

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, elektabitas Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel mulai terlihat dari beberapa hasil survei.

Baru-baru ini, Cyrus Network mengumumkan hasil survei dari ketiga pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2024.

Dalam pernyataan itu disebutkan Mawardi Yahya-Anita Noeringhati dan Eddy Santana Putra-Riezky Aprilia, belum mampu mengalahkan pasangan Herman Deru-Cik Ujang.

BACA JUGA:SAH! KPU Tetapkan Nomor Urut Pilgub Sumsel: HDCU Nomor Urut 1, E-RA 2 dan Matahati 3

BACA JUGA:Hasil Sementara Survei Cyrus Network Pilkada Sumsel, Siapa yang Unggul?

Cyrus Network memulai survei dari tanggal 1 hingga 5 Oktober 2024 dan melibatkan 1.200 responden di 120 desa dari 17 kabupaten/kota di Sumsel. 

Hasilnya, pasangan Herman Deru-Cik Ujang unggul 64,7 persen, disusul Mawardi Yahya-Anita Noeringhati 15 persen, dan Eddy Santana Putra-Riezky Aprilia 10,3 persen.

Kendati begitu, masih ada 7,2 persen pemilih yang belum memutuskan, 2,4 persen rahasia, dan yang tidak memilih ketiganya 0,4 persen.

CEO Cyrus Network, Fadhli MR mengklaim, dari hasil survei tersebut, Herman Deru-Cik Ujang sudah dipastikan aman.

BACA JUGA:Jumlah TPS untuk Pilkada Sumsel Mengalami Pengurangan Signifikan, Apa Respon KPU Provinsi Sumsel?

BACA JUGA:Prediksi LKPI di Pilkada Sumsel, Pemilih Prabowo-Gibran akan Beralih ke Herman Deru

Mengingat, Pilgub Sumsel 2024 hanya menyisakan kurang lebih lima Minggu yang membuat kedua pasangan lainnya sulit mengejar elektabilitas Herman Deru-Cik Ujang.

"Waktu pencoblosan tinggal lima minggu lagi membuat HDCU sulit dikejar. Meski begitu, sulit bukan berarti tidak mungkin," kata Fadhli.

Di sisi lain, simulasi pertanyaan tertutup tanpa pasangan, Herman Deru tetap unggul dengan 65,1 persen.

Kategori :