PT Pupuk Sriwidjaja Palembang Bantu Korban Banjir dan Longsor di Papua Nugini

Senin 14-10-2024,09:44 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

PALEMBANG, SUMEKS - Bencana alam banjir dan tanah longsor secara beruntun melanda wilayah Papua Nugini pada Maret dan Mei 2024, membawa dampak yang sangat merusak bagi masyarakat.

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri), anggota dari holding PT Pupuk Indonesia (Persero), bersama dengan anak perusahaannya, PT Pupuk Iskandar Muda dan PT Pupuk Kalimantan Timur, turun tangan memberikan bantuan kemanusiaan untuk membantu para korban yang terkena dampak bencana ini.

Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian kemanusiaan yang terus diutamakan oleh Pusri sebagai bagian dari tanggung jawab sosialnya. Banjir dan longsor yang terjadi di Provinsi Enga pada Maret 2024 dan kemudian di Provinsi Chimbu pada Mei 2024 telah menyebabkan kerusakan yang sangat parah.

BACA JUGA:Transformasi Energi, Pusri Palembang Latih SMK Sumsel Ubah Sepeda Motor BBM Jadi Listrik

BACA JUGA:Resto Apung SESERA Binaan PT Pusri Palembang Raih Sertifikasi Halal, Tingkatkan Kepercayaan Konsumen

Fasilitas umum, akses jalan, dan bangunan rumah penduduk hancur oleh derasnya aliran banjir dan longsoran tanah. Banyak rumah yang tertimbun oleh material longsor, sementara sebagian lainnya terendam air.

Dampak dari bencana alam ini tidak hanya berupa kerusakan fisik, tetapi juga memakan korban jiwa yang terus bertambah seiring berjalannya waktu dan proses evakuasi yang dilakukan oleh pihak berwenang setempat. Dalam upaya membantu pemulihan wilayah yang terdampak, PT Pusri bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Port Moresby, Papua Nugini, serta International Committee of The Red Cross (ICRC) untuk memastikan bantuan kemanusiaan dapat sampai ke masyarakat yang membutuhkan.

Bantuan ini disalurkan melalui koordinasi intensif antara pihak-pihak terkait, guna mempermudah pengiriman, penyerahan, dan distribusi di lapangan.

BACA JUGA:Pusri Raih Penghargaan di SKK Migas Award 2024 sebagai The Best Domestic Gas Buyer

BACA JUGA:Tuan Rumah PIQI 2024, Pusri Raih Gelar Grand Champion Paket bantuan yang disalurkan Pusri meliputi berbagai kebutuhan dasar yang penting bagi pemulihan pasca bencana, seperti dana untuk pembelian material bangunan yang meliputi semen, pasir, dan batako.

Selain itu, disediakan pula paket medical kit yang mencakup kebutuhan medis dasar dan pakaian untuk anak-anak serta dewasa.

Bantuan ini diterima secara resmi oleh Duta Besar Indonesia untuk Papua Nugini, Andriana Supandy, di kantor KBRI Port Moresby pada 3 Oktober 2024. Selanjutnya, ICRC akan bertanggung jawab dalam distribusi bantuan tersebut ke berbagai lokasi terdampak bencana di wilayah Enga dan Chimbu.

BACA JUGA:Pusri Gandeng Masyarakat Pulau Pahawang: Wujud Nyata Kepedulian Sosial dan Lingkungan

BACA JUGA:Cacat Permanen Akibat Air Keras, IRT Asal Muba Minta Polisi Buru Pelaku Penyiraman Suruhan Mantan Suami

"Kegiatan kemanusiaan seperti ini akan terus kami lanjutkan, khususnya untuk masyarakat yang terdampak bencana alam. Kami berharap, melalui bantuan ini, dapat sedikit meringankan beban masyarakat Papua Nugini yang mengalami kesulitan akibat banjir dan tanah longsor,” ujar Alde Dyanrini, Vice President Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pusri. Bencana alam yang melanda wilayah Papua Nugini menjadi pengingat akan pentingnya kerjasama antar negara dan organisasi internasional dalam mengatasi dampak bencana alam.

Kategori :