Kemenkumham Raih 2 Penghargaan dari Kementerian PANRB atas Pelayanan Publik yang Unggul

Rabu 09-10-2024,20:10 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

JAKARTA, SUMEKS.CO - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) kembali menorehkan prestasi dalam bidang pelayanan publik.

Kali ini, Kemenkumham meraih dua penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) atas kinerja yang unggul dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Yogyakarta dan Kanim Kelas II Non TPI Ponorogo.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, kepada Staf Ahli Menteri Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Asep Kurnia, dalam acara Gebyar Pelayanan Prima Tahun 2024 di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel.

BACA JUGA:Duduk Tunggu Penumpang Dalam Becak, Junaidi Disiram Air Keras, Pelaku Sempat Panggil Nama Korban

BACA JUGA:Kemenkumham Babel Salurkan 242 Bantuan Hukum Gratis bagi Warga Miskin di Bangka Belitung

Asep menyampaikan rasa syukur dan bangga atas apresiasi yang diberikan. Ia menegaskan bahwa penghargaan ini merupakan hasil dari komitmen seluruh jajaran Kemenkumham untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada seluruh jajaran Kemenkumham, khususnya divisi keimigrasian, yang terus melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan pelayanan publik kita. Penghargaan ini menjadi bukti bahwa upaya tersebut diakui dan diapresiasi,” ujar Asep.

Kanim Kelas I Yogyakarta berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu dari 10 Terbaik Kategori Kementerian dalam Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2024. Prestasi ini diakui sebagai hasil dari berbagai inisiatif dan inovasi yang dilakukan untuk menciptakan pengalaman pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat.

Sementara itu, Kanim Kelas II Non TPI Ponorogo menerima penghargaan sebagai 10 Terbaik Kategori Kementerian dalam Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan Terbaik Tahun 2024, yang mencerminkan komitmen Kemenkumham terhadap inklusivitas dalam memberikan layanan.

BACA JUGA:Pelajari Investasi, Kemenkumham Babel Terima Sosialisasi Terkait Pasar Modal

BACA JUGA:Kemenkumham Babel Gelar Sosialisasi Netralitas ASN Jelang Pilkada 2024

Dalam sambutannya, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas memaparkan bahwa tren indeks reformasi birokrasi (RB) selama 10 tahun terakhir menunjukkan peningkatan positif. Hal ini, menurutnya, menjadi bukti upaya pemerintah dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, dan efisien.

“Indeks RB pada tahun 2023 mencapai angka 76.81, meningkat dari tahun sebelumnya 75.48. Di tingkat provinsi, capaian indeks RB berada di poin 69.71, sedangkan di tingkat kabupaten/kota mencapai 59.32,” ungkap Azwar.

Azwar menambahkan bahwa upaya reformasi birokrasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan kualitas pelayanan publik yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

Kategori :