HUT TNI ke-79, Monas Disulap dengan Panggung Berdesain Unik yang Memikat

Jumat 04-10-2024,18:25 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO - Peringati HUT TNI ke-79 tahun ini digelar perayaan dengan upacara di Monas Jakarta, yang merupakan ibu kota negara, Sabtu 5 Oktober 2024 besok. 

Segala persiapan telah disiapkan, dimana sudah sejak beberapa pekan lalu sejumlah prajurit didatangkan ke Monas. 

Rupanya, pada peringatan HUT TNI tahun ini panggung utama didesain mirip dengan bentuk Istana Garuda di Ibu Kota Negara (IKN) baru, Nusantara di Kalimantan Timur. 

Selain itu dalam kegiatan perayaan dan upacara HUT TNI dilibatkan ada 100.000 prajurit. Sementara itu, total 1.059 digelar untuk demonstrasi.

BACA JUGA:Kodim 0402/OKI Gelar Doa Bersama Peringati HUT TNI Ke-79

BACA JUGA:HUT TNI, Kodam II Sriwijaya Gelar Defile dan Pamerkan Alutsista Sepanjang 1 Kilometer di Jalan Sudirman

Jadi bukan hanya unik dari panggung utama. Tetapi ada juga sejumlah rangkaian sejumlah kegiatan yang ditampilkan. 

Disampaikan, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Hariyanto, untuk desain panggung itu dibuat untuk menunjukkan TNI siap mengawal transisi pemerintahan.

"Jadi panggung ini, yaitu kita melanjutkan menuju Indonesia baru, sehingga apa yang sudah dibuat nanti akan terjadi transisi pemerintahan kita akan mengawal ke sana," kata Hariyanto saat gladi resik HUT ke-79 TNI di Monas, Jakarta Pusat. 

Dia mengungkapkan, ini adalah komitmen TNI dan juga terlihat dari tema dari HUT ke-79 yakni "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju".

BACA JUGA:Sempat Ditutup Karena HUT TNI ke-79, Jalan Sudirman Palembang Sudah Kembali Dibuka

BACA JUGA:HUT TNI ke-79, Jalan Sudirman Palembang Bakal Ditutup 3 Hari, Catat Waktu dan Lokasi Pengalihan Arus

Lanjut dia, TNI juga memberikan kesan bahwa siap mendukung pelaksanaan transisi pemerintahan untuk menuju Indonesia baru, sesuai dengan tema yang dibuat. 

"Jadi kami akan mengawal kepemimpinan nasional," ujarnya.

Masih dikatakan Hariyanto, pada upacara besok, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menjadi inspektur upacara dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 TNI, Sabtu 5 Oktober 2024.

Kategori :