Cegah Gangguan Kamtib, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Gencar Gelar Razia Kamar Hunian WBP

Kamis 03-10-2024,16:24 WIB
Reporter : Zulkarnain
Editor : Rahmat

MUARA BELITI, SUMEKS.CO - Dalam upaya memastikan keamanan dan ketertiban di Lingkungan Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) bersama tim Kamtib yang dipimpin oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka. KPLP) dan Kasi Kamtib melakukan pemeriksaan ketat di blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Razia ini merupakan langkah preventif untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan yang berpotensi mengganggu stabilitas di dalam lapas.

Kegiatan ini diawasi langsung oleh Ka. KPLP Abdul Rafik dan Kasi Kamtib, Sulaiman, yang memimpin jalannya pemeriksaan secara menyeluruh. Didampingi oleh staf dan petugas regu pengamanan (Rupam), tim memeriksa setiap kamar WBP dengan teliti, memastikan tidak ada barang-barang terlarang yang masuk ke area hunian.

Menurut Kalapas Narkotika Muara Beliti, Ronald Heru Praptama, razia ini sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan sebagai langkah awal deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan.

BACA JUGA:Jaga Kebugaran dan Kekompakan, Kalapas Muara Beliti Ajak Petugas Rutin Main Tenis

BACA JUGA:Lapas Muara Beliti Tingkatkan Efisiensi Anggaran 2025 Lewat Supervisi di Kanwil Kemenkumham Sumsel

"Kami selalu melakukan pemeriksaan terhadap kamar maupun badan WBP untuk memastikan bahwa lapas kami tetap aman. Tujuan dari razia ini adalah mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti peredaran barang terlarang, serta untuk menciptakan suasana yang nyaman bagi warga binaan dalam menjalani masa pidana mereka," ucap Ronald.

Razia yang dilakukan kali ini tidak hanya mencakup pemeriksaan kamar hunian, tetapi juga penggeledahan terhadap WBP secara individu.

Setiap WBP diperiksa satu per satu untuk memastikan tidak ada yang membawa barang terlarang seperti handphone, narkoba, ataupun barang lain yang dapat mengancam ketertiban.

Hal ini dilakukan sebagai implementasi arahan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan guna menjaga integritas lapas dan memastikan lingkungan yang bebas dari praktik pungli dan peredaran barang ilegal.

BACA JUGA:Lapas Muara Beliti Siapkan Langkah Strategis dalam Rakor Penerimaan dan Pemeriksaan Kesehatan Paslon

BACA JUGA:Kenang Jasa Pahlawan Dalam Rangka Hari Pengayoman Ke-79, Lapas Muara Beliti Gelar Upacara Tabur Bunga

Menurut Ronald, langkah ini juga bertujuan untuk memperkuat disiplin di dalam lapas serta memberikan efek positif bagi para narapidana.

"Razia ini diharapkan tidak hanya menciptakan keamanan, tetapi juga menjadi ajang untuk memperkuat kedisiplinan warga binaan. Kami ingin memastikan bahwa mereka dapat menjalani masa pidana dengan aman, tertib, dan tanpa gangguan dari luar. Kami akan terus mengevaluasi hasil temuan selama razia dan merumuskan langkah-langkah strategis ke depannya untuk menjaga keamanan lapas secara maksimal," tambah Ronald.

Selain itu, Ronald mengajak seluruh WBP untuk saling mengingatkan dan ikut berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan lapas.

Kategori :