KAI Divre III Terapkan Solar Panel di Gedung Kantor dan Stasiun, Langkah Nyata Kurangi Emisi Karbon

Rabu 02-10-2024,16:54 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

Dengan demikian, listrik yang dihasilkan oleh solar panel dapat digunakan secara optimal untuk kebutuhan bangunan KAI, sekaligus menjaga keandalan pasokan listrik agar operasional KAI tetap berjalan tanpa hambatan.

Sistem ini memastikan bahwa listrik dari solar panel dan PLN bisa saling melengkapi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan KAI tanpa gangguan.

BACA JUGA:Motorola Rilis Hp Terbaru, ThinkPhone 25 Jadi Hp Pertama di Dunia yang di Desain Khusus untuk Pebisnis

BACA JUGA:Keunggulan Sony Xperia 1 VI, Smartphone Flagship dengan Kamera Utama 48 MP dan Snapdragon 8 Gen 3

"Sistem PLTS yang terpasang sudah terhubung dengan jaringan internet, sehingga energi yang dihasilkan dapat dipantau secara real-time melalui komputer maupun aplikasi di perangkat handphone. Ini memudahkan pengelolaan energi dan memastikan efisiensi penggunaan listrik yang lebih baik," lanjut Aida.

Pemasangan solar panel ini merupakan bagian dari roadmap jangka panjang KAI untuk mengimplementasikan teknologi energi terbarukan di seluruh asetnya.

Sebelumnya, KAI telah memasang PLTS di 42 stasiun, 2 gedung kantor, dan 2 balai yasa yang tersebar di berbagai wilayah operasional KAI. Melalui langkah ini, KAI berupaya untuk terus meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan di masa mendatang.

Ke depan, KAI merencanakan untuk memperbanyak pemasangan PLTS di lebih banyak asetnya, baik di stasiun, balai yasa, kantor, maupun Griya Karya. Implementasi ini akan dilakukan secara bertahap pada tahun 2024, dengan target untuk memperluas penggunaan solar panel sebagai sumber energi utama di lingkungan KAI.

BACA JUGA:Tak Lulus PPPK 2024? Tenaga Honorer Masih Punya Kesempatan Tahun Depan, Simak Aturan Barunya!

BACA JUGA:Transfer PayPal ke DANA Emang Bisa? Temukan Kemudahannya Disini

Selain berfokus pada keberlanjutan lingkungan, KAI juga berkomitmen untuk tetap memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya. Dengan memanfaatkan energi terbarukan seperti PLTS, KAI berharap dapat mengurangi biaya operasional dan sekaligus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar.

"KAI konsisten mengaplikasikan ESG di perusahaan dengan harapan akan terwujud bisnis yang berkelanjutan. Dengan demikian, KAI dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggannya," tutup Aida.

Penerapan PLTS oleh PT KAI merupakan salah satu langkah inovatif perusahaan untuk terus tumbuh dan berkembang dalam menghadapi tantangan masa depan yang lebih ramah lingkungan.

Dengan keberlanjutan sebagai fokus utama, KAI berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam menjaga kelestarian bumi sambil tetap memenuhi kebutuhan pelanggan dengan efisien dan efektif.

Kategori :