Ketua Komisi II DPR RI: Hubungan Tererat dengan Kementerian ATR/BPN, Bukan Sekadar Mitra Kerja

Senin 30-09-2024,15:14 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

JAKARTA, SUMEKS.CO - Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ahmad Doli Kurnia Tandjung, mengakui bahwa hubungan mitra kerja antara Komisi II DPR RI dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) merupakan yang paling erat dibandingkan dengan kementerian lainnya.

Hal ini diungkapkan Ahmad Doli dalam acara Ramah Tamah bersama Komisi II DPR RI Periode 2019-2024 yang digelar di kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, pada Jumat, 27 September 2024 malam.

"Alhamdulillah, selama ini Komisi II DPR RI itu paling akrab dengan mitranya, Kementerian ATR/BPN," ujar Ahmad Doli Kurnia Tandjung dalam sambutannya.

Ahmad Doli menjelaskan bahwa kedekatan tersebut tidak hanya dalam lingkup profesional, namun juga mencakup hobi dan aktivitas yang dilakukan bersama oleh para anggota DPR RI dan pejabat dari Kementerian ATR/BPN.

BACA JUGA:Polisi Sebut Pelaku yang Tikam Kontraktor di Lubuklinggau hingga Tewas Lebih dari 2 Orang, Kini Masih Diburu

BACA JUGA:Siap yang Lebih Tangguh Jika Dibandingkan Mees Hilgers Vs Rizky Ridho? Kualitas Sebanding

"Indikasi pertama, tidak pernah ada kunjungan kerja yang tidak mampir ke kantor Kementerian ATR/BPN. Setiap kali ada kunjungan, pasti ada yang singgah ke sini," kata Ahmad Doli.

Selain itu, ia juga menekankan bahwa hubungan tersebut semakin erat melalui kegiatan yang melibatkan hobi bersama, salah satunya adalah bersepeda.

"Yang kedua, setiap kunjungan kerja, kalau ada rapat memang bapak dan ibu Komisi II ini galak-galak, tapi setelah itu kita main sepeda bareng. Satu-satunya organisasi kerja sama yang terbentuk antara Komisi II dan mitra adalah dengan Kementerian ATR/BPN, namanya Pedal," ujar Ahmad Doli.

Komunitas Pedal adalah sebuah kelompok yang dibentuk oleh Kementerian ATR/BPN untuk menyalurkan hobi bersepeda bersama anggota DPR RI, khususnya Komisi II. Setiap kali ada kesempatan, kegiatan bersepeda ini selalu diadakan untuk mempererat silaturahmi antar kedua belah pihak.

BACA JUGA:Usai Menetapkan Tersangka, Kini Polisi Buru Penyebar Video Pertama Aksi Anarkis Diskusi Grand Kemang

BACA JUGA: Pj Wali Kota Ucapkan Selamat, 50 Anggota DPRD Kota Palembang Tahun 2024-2029 Resmi Dilantik

Lebih lanjut, Ahmad Doli menyampaikan bahwa Kementerian ATR/BPN adalah satu-satunya lembaga yang selalu diawasi dengan perpanjangan Panitia Kerja (Panja) setiap tahunnya oleh Komisi II DPR RI.

Ada tiga Panja yang dibentuk khusus untuk Kementerian ATR/BPN, yaitu Panja Evaluasi Hak Guna Usaha (HGU), Hak Guna Bangunan (HGB), dan Hak Pengelolaan (HPL); Panja Pengawasan Mafia Pertanahan; dan Panja Tata Ruang.

"Tiga Panja ini adalah bentuk cinta dan kepedulian Komisi II DPR RI kepada Kementerian ATR/BPN," ujar Ahmad Doli. Panja ini bertugas mengawasi dan mengevaluasi berbagai kebijakan strategis di bidang pertanahan yang menjadi perhatian khusus DPR RI dan masyarakat luas.

Kategori :