Wow! Pembangunan Masjid di IKN Habiskan Rp940 Miliar, Kapasitas Setengah dari Istiqlal

Senin 30-09-2024,13:28 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

Pembangunan Masjid Negara berada di bawah tanggung jawab Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur, dengan kontraktor pelaksana PT Adhi Karya dan PT Hutama Karya KSO.

BACA JUGA:Bandara IKN Rampung Akhir Desember, Siap Layani Penerbangan Haji dan Umrah

BACA JUGA:Bandara IKN Digunakan Perdana oleh Presiden Jokowi Hari Ini

Kemudian, untuk pekerjaan konstruksi dimulai sejak November 2023 dan diharapkan selesai pada akhir tahun 2024. Dengan skala proyek yang begitu besar, kontraktor berusaha memastikan pembangunan berlangsung sesuai dengan rencana dan spesifikasi yang telah ditetapkan.

Untuk diketahui Masjid Negara di IKN ini berdiri di atas lahan seluas 32.125 m², dengan area komersial dan penunjang yang cukup luas.

Lalu bangunan masjid memiliki total luas 61.596 m², terdiri dari tiga lantai lower ground, satu ground floor, dan dua mezzanine.

Selain itu, ada juga bangunan komersial seluas 2.212 m² yang memiliki dua lantai, serta bangunan penunjang dengan luas 727 m² yang hanya terdiri dari satu lantai.

BACA JUGA:Pengerjaan Dikebut, Jalan Tol IKN Siap Beroperasi Akhir 2025

BACA JUGA:Jelajahi IKN, Temukan Jadwal dan Rute Bus Terbaru

Pada kawasan Masjid juga ada kolam retensi seluas 123.502 m². Kolam ini dibangun oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, yang berfungsi untuk pengelolaan air dan mencegah banjir.

Selain itu, kawasan ini dilengkapi dengan plaza, area wudhu, ruang rapat, hall pertemuan, ruang tunggu VIP, dan berbagai infrastruktur pendukung lainnya, termasuk jalan dan jembatan.

Diberitakan sebelumnya, desain Masjid IKN ini dengan daya tampung 20.000 jamaah. Lalu dilakukan perubahan desain. 

Dimana perubahan desain signifikan menghasilkan daya tampung yang lebih banyak ini dilakukan yaitu menjadikan Masjid Negara ini sebagai pusat ibadah utama dan landmark megah di IKN Nusantarakita. 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Istana Garuda dan Istana Negara di IKN Diresmikan Oktober Ini

BACA JUGA:Siaga Hadapi Bakal Bencana Gempa Megathrust, Baiknya Persiapkan 7 Benda Ini Sebelum Menyesal

Jadi, desain perubahan yang menjadikan daya tampung sebanyak 60.000 jamaah ini sejalan dengan visi besar pemerintah yakni sebagai Masjid pusat ibadah utama. 

Kategori :