Ruas Tol Kutepat, Sambungkan Sumatera Utara ke Gerbang Pariwisata Danau Toba

Rabu 18-09-2024,20:38 WIB
Reporter : Indra MH
Editor : Rahmat MH

Ruas Tol Kutepat, Akselerasi Konektivitas untuk Mendorong Pariwisata Danau Toba

Medan, sumeks.co- Operasional jalan tol Ruas Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat (Kutepat), kini semakin luas cakupan operasionalnya.

Hal ini ditandai dengan peresmian Seksi 3 dan 4, yang menghubungkan Tebing Tinggi, Serbelawan, hingga Sinaksak, oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 10 September 2024. 

Dengan beroperasinya dua seksi tersebut, HKA kini mengoperasikan total 12 ruas Jasa Layanan Operasi (JLO) dan pemeliharaan di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS )serta dua ruas tol lainnya di Pulau Jawa.

Ruas tol baru tersebut menghubungkan daerah-daerah penting di Sumatera Utara, termasuk kawasan wisata strategis seperti Danau Toba yang merupakan Destinasi Super Prioritas nasional

Direktur Utama PT Hakaaston, Aries Dewantoro, menegaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan sumber daya manusia terbaik untuk menunjang operasional di ruas Tebing Tinggi - Serbelawan - Sinaksak. 

Ia mengungkapkan, Personil yang telah direkrut dan dilatih memiliki keterampilan terbaik dalam memberikan layanan kepada pengguna jalan tol, khususnya di jalur yang menghubungkan Kabupaten Serdang Bedagai menuju Kabupaten Simalungun dan kawasan Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba.

BACA JUGA:Libur Panjang, Volume Kendaraan Melintas Ruas Tol Kayuagung-Palembang Meningkat

BACA JUGA:Kendaraan Melintas Ruas Tol Terpeka di Long Weekend Tercatat 47.946 Kendaraan

Peningkatan Personil dan Kualitas Layanan

Untuk memperkuat operasional pada dua ruas baru tersebut, HKA melakukan perekrutan tambahan sebanyak 126 personil. 

Perekrutan dilakukan secara terbuka dan berhasil menarik tenaga kerja lokal yang memiliki keterampilan di berbagai bidang yang diperlukan. 

Total personil yang bertugas di Ruas Tol Kutepat kini mencapai 258 orang, yang bekerja dalam tiga shift agar layanan tetap optimal selama 24 jam.

Personil baru akan ditempatkan di titik-titik strategis sesuai dengan keahlian masing-masing. 

''Fokus utama kami adalah memastikan layanan transaksi, lalu lintas, pengamanan, dan pemeliharaan jalan tol berjalan dengan baik dan memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang telah ditetapkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) serta Service Level Agreement (SLA) dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Hutama Marga Waskita (Hamawas)," tambah Aries.

Kategori :