Luar Biasa, Pempek Palembang Dinobatkan Sebagai Jajanan Kaki lima Terenak ke-4 Dunia

Sabtu 14-09-2024,06:18 WIB
Reporter : Fadly
Editor : Edward Desmamora

SUMEKS.CO - Tahukah kamu, baru-baru ini sebuah situs Travelling dan kuliner TasteAtlas merilis daftar baru tentang 100 kudapan atau cemilan kaki lima terenak didunia diantaranya makanan khas Palembang Pempek.

Hebatnya, dari 100 daftar cemilan kaki lima terenak didunia yang dikeluarkan oleh TasteAtlas menempatkan pempek masuk daftar 5 besar dunia loh.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu 14 September 2024 posisi makanan khas "Wong Palembang" ini menempati posisi ke-empat dunia sebagai makanan kaki lima terenak didunia dibawah Guotie kudapan Khan negeri Tiongkok.

Dari 100 daftar makanan yang dirilis TasteAtlas, menempatkan dua makanan kaki lima berasal dari Indonesianya yang dinobatkan sebagai 5 besar makanan terenak didunia.

BACA JUGA:Dosen Ekonomi S2 ‘Banting Stir’ Jualan Pempek di Yogyakarta Karena Dichalenge Mahasiswa Bisnis Apa yang Sukses

BACA JUGA:Pesona Palembang Memukau Apeksi 2024: Jembatan Ampera dan Pempek Jadi Magnet

Yang mana, satu cemilan kaki lima yang berasal dari Indonesia menobatkan Siomay pada posisi pertama makanan terenak didunia versi TasteAtlas.

Pempek sendiri, merupakan hidangan berbahan dasar ikan tenggiri yang dicampur dengan sagu dan tepung. 

Pempek tercipta karena awalnya banyak warga Palembang yang bosan dengan olahan ikan yang itu-itu saja, akhirnya mereka mulai mengolah ikan menjadi camilan yang disebut pempek.


--

Sementara Siomay, TasteAtlas menyebutkan jajanan khas Indonesia yang dikukus dan bentuknya seperti dimsum isi daging ikan, telur, kentang, kol, tahu dan pare. 

Setelah semuanya dikukus, siomay dipotong-potong dan disajikan dengan saus kacang serta kecap dan saus sambal.

TasteAtlas juga menulis bahwa siomay dari Indonesia ini terinspirasi dari shumai ala China, yang dibawa masuk ke Indonesia oleh imigran asal China di era kolonial Belanda.

Selain kedua makanan di atas, masih dari daftar rilis makanan kaki lima terenak di dunia versi TasteAtlas menempatkan batagor dari Indonesia juga masuk di posisi 15. 

BACA JUGA:Resep Pempek Ikan Khas Palembang yang Lembut jadi Sajian Nikmat Saat Lebaran, Ini Rahasia Biar Gak Bau!

Kategori :