SUMEKS.CO,- Bagi anda yang kelahiran tahun 90-an, sudah barang tentu tidak asing dengan iklan ikonik dari stasiun televisi RCTI memperlihatkan sekeluarga menonton televisi di tengah pematang sawah.
Selama bertahun-tahun, mungkin masih banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara mengambil gambar tayangan iklan ikonik tersebut yang belum ada teknologi drone-nya saat itu.
Bukan tanpa alasan, iklan berdurasi 30 detik itu dibuat dengan rapi seakan-akan direkam oleh kamera drone.
Padahal tahun pembuatan iklan tersebut, drone masih sangat jarang di Indonesia, bahkan nyaris belum ada.
Spekulasi pun bermunculan, ada yang menyebut menggunakan burun elang yang telah dilatih. Selain itu ada juga yang menjawab menggunakan helikopter.
Namun jika memang helikopter yang dioperasikan untuk merekam iklan tersebut, mengapa rumput sawah tidak bergoyang, padahal ada scene di mana kamera menyorot detail wajah pemeran di iklan tersebut.
--
Sebagaimana diketahui, iklan ikonik itu menayangkan tampilan sebuah suasana pematang sawah membentang hijau diapit beberapa perbukitan.
Dan ditengah-tengah hamparan sawah tersebut terdapat sebuah saung, didiami sekeluarga ayah, ibu dan dua orang anak yang sedang menonton televisi.
Pengambilan gambar terlihat dari atas layaknya seperti menggunakan drone, namun pada era itu belum ada teknologi drone-nya.
Akhirnya, misteri dari pengambilan gambar tayangan iklan tersebut bisa terpecahkan juga usai 29 tahun lamanya tidak dapat dipecahkan.