Festival Perahu Bidar 2024, Adu Ketangkasan Spektakuler di Atas Sungai Musi

Rabu 04-09-2024,17:49 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

Perahu-perahu yang dihias ini akan berkeliling di sepanjang Sungai Musi, memberikan tontonan yang memanjakan mata bagi para penonton. Parade perahu hias ini memberikan warna tersendiri dalam festival dan memperkaya pengalaman wisatawan yang hadir.

BACA JUGA:Monkey Pox Kian Menyebar, Pahami Cara Pencegahan Virusnya, Ini Langkah yang Harus Dilakukan

BACA JUGA:Cari Smartphone Murah dan Spek Tinggi? Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G Menjadi Opsi Terbaik September 2024

“FPB bukan sekadar ajang kompetisi. Acara ini juga menjadi wadah untuk melestarikan budaya maritim Palembang,” ujar Sandiaga Uno.

Tradisi beradu ketangkasan menggunakan perahu bidar telah menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas masyarakat Palembang.

Festival Perahu Bidar 2024 juga menjadi magnet wisata yang kuat bagi Palembang. Keindahan Sungai Musi yang menjadi latar utama acara, dipadukan dengan keramahan masyarakat lokal, menjadikan kota ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Wisatawan yang datang tidak hanya bisa menikmati perlombaan, tetapi juga mengeksplorasi berbagai destinasi wisata di sekitar kota, seperti Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, dan kuliner khas Palembang.

BACA JUGA:Kembali Cetak Prestasi di Kancah Global, BRI Jadi Bank Nomor 1 di Indonesia Versi The Banker Top 1000 Banks

BACA JUGA:Bawaslu OKI Himbau ASN, Polri, TNI, dan Pejabat Negara untuk Bersikap Netral dalam Pemilu

Perahu bidar memiliki bentuk yang unik dengan panjang antara 10 hingga 20 meter dan lebar sekitar 1,5 hingga 3 meter.

Dalam sejarahnya, perahu ini dulu dikenal dengan nama “pancalang,” yang berarti "pancal" atau "menghilang," menggambarkan kecepatannya yang luar biasa di atas air. Hingga kini, perahu bidar menjadi simbol budaya Palembang dan terus dilestarikan melalui acara tahunan seperti FPB.

Selain sebagai ajang adu ketangkasan, Festival Perahu Bidar 2024 juga diakui sebagai salah satu dari 110 agenda Karisma Event Nusantara (KEN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Program strategis ini bertujuan mempromosikan destinasi pariwisata melalui event-event yang berkualitas untuk menarik wisatawan mancanegara dan memacu pergerakan wisatawan domestik.

BACA JUGA:Melaju Kencang, BRI Salurkan KUR Senilai Rp76,4 triliun Kepada 1,5 Juta Pelaku UMKM Hingga Mei 2024

BACA JUGA:Sah! Kopi Robusta Lahat Ditetapkan Sebagai Indikasi Geografis

“Karisma Event Nusantara memiliki visi untuk menjadikan event sebagai atraksi wisata unggulan di Indonesia,” jelas Sandiaga Uno. “Melalui FPB, kita tidak hanya melestarikan warisan budaya, tetapi juga mendukung ekonomi kreatif lokal.”

Kategori :