Polres OKI Sosialiasi Karhutla di Desa Pagar Dewa, Ini Harapannya

Senin 02-09-2024,07:05 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Edward Desmamora

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Polres OKI melakukan kunjungan ke Desa Pagar Dewa, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

Rupanya, kunjungan ke Desa Pagar Dewa tersebut, yang dipimpin langsung oleh Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto SH SIk bersama rombongan yaitu sosialisasi kepada masyarakat mengenai kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Pada sosialisasi pencegahan bencana karhutla itu, Minggu 1 September 2024, di Balai Desa Pagar Dewa siang.

Disampaikan Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto SH SIk pada kegiatan sosialisasi karhutla itu, pihaknya juga mendengarkan keluhan dan aspirasi dari masyarakat. 

BACA JUGA:Manggala Agni OKI Terus Patroli Pencegahan Karhutla Khusus Wilayah Gambut yang Rawan Terbakar

BACA JUGA:3 Hari Karhutla di Pangkalan Lampam OKI, Petugas Masih Lakukan Pendinginan

"Kegiatan sosialisasi karhutla kemarin itu juga dilakukan cooling system sekaligus melaksanakan kegiatan bakti kesehatan berupa pengobatan gratis," ujar Kapolres OKI, Senin 2 September 2024.

Kapolres OKI juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi Karhutla, di wilayah Kabupaten OKI, khususnya di Desa Pagar Dewa. Dengan alasan saat ini merupakan puncak musim kemarau.

"Kami juga mengingatkan warga agar tidak melakukan pembakaran lahan secara sembarangan, baik itu untuk lahan pertanian ataupun perkebunan di musim kemarau ini," tegasnya.

Kapolres menekankan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan mengajak masyarakat untuk melaporkan segera jika melihat tanda-tanda kebakaran atau kegiatan yang berpotensi menimbulkan Karhutla.

BACA JUGA:Satgas Karhutla Berjibaku Padamkan Api yang Membumbung Tinggi di Desa Purnajaya Ogan Ilir

BACA JUGA:Kali Pertama Sejak Beberapa Tahun Lalu, PN Palembang Serius Garap Gugatan Terkait Karhutla HTI di Sumsel

Lebih lanjut dikatakan Kapolres, terkait karhutla ini, kesadaran bersama sangat diperlukan untuk mencegah bencana yang lebih besar. 

"Jadi mari kita jaga lingkungan kita dan bersama-sama berperan aktif dalam penanggulangan Karhutla," jelasnya. 

Masih kata Kapolres, pihaknya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Pagar Dewa dan sekitarnya untuk tetap menjaga kondusivitas. 

Kategori :