Perpustakaan Universitas Bina Darma Kembali Perkenalkan Digital Library : Aplikasi E-Library UBD

Sabtu 31-08-2024,21:17 WIB
Reporter : Zeri
Editor : Zeri

SUMEKS.CO - Universitas Bina Darma terus berinovasi dalam memfasilitasi kebutuhan literasi dan pembelajaran mahasiswa melalui pengembangan berbagai aplikasi dan layanan digital, seperti e-Library, iPustaka, dan Server Digital Internal.

Ketiga platform ini dirancang untuk memudahkan mahasiswa mengakses buku-buku digital, baik untuk kebutuhan akademik maupun pengetahuan umum, dalam satu genggaman.

E-Library Bina Darma adalah aplikasi perpustakaan digital yang menyediakan berbagai koleksi buku, diktat, dan materi pembelajaran lainnya yang dapat diakses secara online.

Aplikasi ini tersedia dalam dua platform instalasi, yaitu versi desktop dan mobile, yang bisa diunduh melalui [Google Play Store](https://play.google.com/store/apps/details?id=id.kubuku.kbk51435f3) untuk versi mobile dan [tautan ini](https://kubuku.id/download/e-library-bina-darma/setup.exe) untuk versi desktop. Dengan menggunakan e-Library Bina Darma, mahasiswa dapat mencari, meminjam, dan membaca buku secara digital dengan mudah.

BACA JUGA:Gedung Prof. Bochari Rachman 3: Jantung Inovasi dan Laboratorium Teknik Universitas Bina Darma Palembang

BACA JUGA:Universitas Bina Darma Palembang Jalin Kerjasama Strategis dengan Kodam II/Sriwijaya

Pengguna harus mengunduh dan menginstal aplikasi sesuai dengan platform yang diinginkan. Setelah itu, pengguna dapat mendaftar akun, menunggu konfirmasi aktivasi dari pihak perpustakaan, dan melakukan login.

Pencarian buku dilakukan melalui kolom pencarian dengan memasukkan kata kunci. Pastikan buku yang ingin dipinjam memiliki keterangan "tersedia copy 1" agar buku tersebut dapat dipinjam. Jika statusnya "tersedia copy 0", buku tersebut hanya dapat diantri.

iPustaka Bina Darma adalah aplikasi mobile yang dirancang untuk membaca buku digital secara online. Aplikasi ini dapat diunduh melalui [Google Play Store](https://play.google.com/store/apps/details?id=mam.reader.ipustakabinadarma) untuk versi mobile, atau diakses langsung melalui website [iPustaka Bina Darma](https://ipustakabinadarma.moco.co.id/) untuk versi desktop. Aplikasi ini memberikan kemudahan kepada mahasiswa untuk mencari dan membaca buku secara digital kapan saja dan di mana saja.

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, pengguna perlu membuat akun dengan cara mendaftar. Setelah verifikasi email, pengguna bisa login dan mulai mencari buku yang diinginkan. Sama seperti e-Library, pastikan buku yang ingin dipinjam memiliki keterangan "tersedia copy" yang tidak nol, sehingga buku tersebut dapat dipinjam dan dibaca.

BACA JUGA:Gedung Prof Bochari Rachman 1, Pusat Perkuliahan Universitas Bina Darma

BACA JUGA:Universitas Bina Darma Palembang Dapat Kunjungan dari Tim HP3KI-LKP/LPK Provinsi Sumsel

Server Digital Internal adalah server berbasis Linux yang digunakan untuk mendukung layanan e-book kampus. Server ini menyimpan koleksi e-book dari buku-buku lama milik kampus yang telah didigitalisasi serta koleksi buku-buku dari dosen. Akses ke koleksi ini dibatasi hanya di lingkungan kampus dan tidak dapat diunduh, namun tetap bisa dibaca secara online.

Untuk mengakses Server Digital Internal, pengguna harus terhubung ke jaringan internal kampus Universitas Bina Darma. Langkah pertama adalah membuka link [epub.binadarma.ac.id](http://epub.binadarma.ac.id/) dan login dengan user: mahasiswa dan password: mhs123. Setelah login, pengguna dapat mencari buku menggunakan kata kunci atau memilih dari tampilan buku yang tersedia.

Digitalisasi perpustakaan di Universitas Bina Darma bertujuan untuk memberikan akses yang lebih luas dan fleksibel bagi mahasiswa dalam mengakses bahan bacaan. Hal ini mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, sejalan dengan perkembangan teknologi digital saat ini.

Kategori :