Google Pixel 9 Menggunakan Penyimpanan UFS 3.1, Apakah Memori Ini Mengecewakan?

Sabtu 31-08-2024,09:50 WIB
Reporter : Arip muhtiar
Editor : Rappi Darmawan

 Pertama dan terutama, kecepatannya dua kali lebih cepat dari UFS 3.1. Namun, komponen lain, mulai dari prosesor hingga pengontrol memori, juga dapat memengaruhi kecepatan memori masing-masing perangkat. 

BACA JUGA:Google Pixel 9 Pro Fold, Berapa Banyak Pembaruan Perangkat Lunak yang akan Didapatkan?

BACA JUGA:Google Pixel Watch 3 Vs Apple Watch Series 10, Mana Smartwatch yang Terbaik?

Peningkatan kecepatan yang mencolok dapat dilihat dari kecepatan baca dan tulis berurutan, mencapai 2,1 GB/detik pada ponsel tercepat kami — Zenfone 11 Ultra. 

Rata-rata hasil ini masing-masing sekitar 2x dan 3x lebih cepat pada ponsel UFS 4.0 jika dibandingkan dengan Pixel 9 Pro XL.

Meski begitu, pembacaan dan penulisan berurutan tidaklah terlalu penting kecuali jika Pengguna mentransfer file individual yang sangat besar (pikirkan beberapa GB). 

Dalam hal pemindahan data, Pixel 9 cukup cepat untuk memenuhi koneksi USB 3.0 5Gbps (625MB/s) saat menyalin dari ponsel, meskipun menulis ke sana merupakan hambatan. 

BACA JUGA:Google Pixel Watch 3 Vs Samsung Galaxy Watch 7, Desain dan Material Mana yang Terbaik?

BACA JUGA:Google Pixel Watch 3 Vs Samsung Galaxy Watch 7, Mending Mana di Segmen Perangkat Lunak & Fitur

Hanya jika Anda memiliki port USB 3.X 10Gbps (1,25GB/s) atau USB 4 40Gbps (5GB/s) di laptop Anda (serta SSD yang cepat) Anda akan melihat manfaat yang jauh lebih besar pada ponsel UFS 4.0.

Sekarang, Pengguna mungkin memindahkan file secara teratur jika Anda merekam banyak video, di mana memori yang lebih cepat juga penting. 

Untuk merekam video 8K60 yang tidak dikompresi, Anda memerlukan penulisan sekuensial 750MB/s atau mungkin lebih. 

Namun, ponsel menerapkan kompresi, yang berarti Pengguna sebenarnya hanya memerlukan sekitar 100MB/s, jadi bahkan UFS 3.1 lebih dari mampu untuk video 8K dengan bandwidth yang tersisa. 

BACA JUGA:MENDING MANA? OnePlus Pad 2 Vs Tablet Google Pixel, Tablet Terbaik Untuk Penggunaan Sehari-hari

BACA JUGA:Komparasi Google Pixel 9 Pro Vs Pixel 9 Pro XL, Mending Mana untuk Dijadikan Daily Driver?

Namun, ironisnya untuk Pixel, memuat model AI yang besar dari penyimpanan ke RAM diuntungkan dari pembacaan sekuensial yang lebih cepat. 

Kategori :