Google Pixel 9 Menggunakan Penyimpanan UFS 3.1, Apakah Memori Ini Mengecewakan?

Sabtu 31-08-2024,09:50 WIB
Reporter : Arip muhtiar
Editor : Rappi Darmawan

SUMEKS.CO - Ponsel Google 9 series ternyata hanya menggunakan penyimpanan memori kelas UFS 3.1, bukan UFS 4.0 yang lebih canggih. 

Bahkan untuk model Google Pixel 9 Pro dan Fold juga dipasangkan dengan penyimpanan UFS 3.1, meskipun pengguna dapat memilih salah satu opsi memori yang mahal. 

Sebaliknya, ponsel Samsung menggunakan UFS 3.1 hanya untuk Galaxy S24 varian ruang penyimpanan 128GB saja, yang artinya hanya untuk seri yang paling terjangkau.

Tetapi ruang penyimpanan ponsel yang lebih besar pada Galaxy S24 Ultra telah menyediakan penyimpanan UFS 4.0 yang lebih cepat pada model 256GB dan yang lebih besar.

BACA JUGA:Google Pixel 9, Ponsel Terbaik Tahun 2024, dengan Desain Tepi Datar Pada Backcase

BACA JUGA:Xiaomi X Pro QLED, Google TV yang Dipersenjatai Prosesor Arm Cortex-A55 Octa-core


Memori Google Pixel 9 Series.--

Akan tetapi, Google sepertinya tidak sendirian dalam menggunakan memori UFS 3.1, tetapi memori ini semakin jarang digunakan di pasar ponsel pintar, khususnya di segmen ponsel flagship.

OnePlus 12 seharga Rp12 jutaan dan sudah memiliki memori UFS 4.0, begitu pula ASUS Zenfone 11 Ultra seharga Rp14 jutaan dan Sony Xperia 1 VI yang sangat mahal dan berfokus pada media. 

Sebagai teknologi lama, memori UFS 3.1 lebih merupakan teknologi yang terjangkau. Jika ini semua mengingatkan kita, OnePlus 12R yang terjangkau menuai kontroversi karena secara keliru mengiklankan memori UFS 4.0 pada model berkapasitas lebih besar. 

BACA JUGA:Google Pixel 9 Pro XL Vs Samsung Galaxy S24 Plus: Duel Sengit Ponsel Flagship Masa Kini!

BACA JUGA:Duel Saudara Kandung, Google Pixel 9 Pro Vs Google Pixel 8 Pro, Kameranya Luas Biasa, Pilih Mana?


Seluruh rangkaian ponsel Google 9 series ternyata hanya menggunakan penyimpanan memori kelas UFS 3.1, bukan UFS 4.0 yang lebih canggih. --

Hal ini mungkin akan menjadi kekecewaan tambahan mengingat kenaikan harga Google sebesar Rp1,5 jutaan. Oke, jadi seri Google Pixel 9 tidak memiliki penyimpanan tercepat yang dapat dibeli dengan uang. Apakah itu penting?

Untuk mengetahuinya, kita harus terlebih dahulu memahami apa saja keunggulan UFS 4.0 sebagai memori yang lebih canggih.

Kategori :