Pemindahan ASN di IKN September Ini Batal, Ada Apa?

Jumat 30-08-2024,09:16 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

Pemindahan ASN di IKN September Ini Batal, Kenapa! 

SUMEKS.CO - Pada September 2024 ini pemerintah telah merencanakan pemindahan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantarakita.

Yakni dengan tujuan pemerintahan berjalan disana. Termasuk juga sejumlah infrastruktur bangunan dan juga hunian untuk ASN selesai dibangun. 

Namun, terkait rencana pemindahan aparatur sipil negara atau ASN di September 2024 ini diprediksi batal.

Dimana memang ASN awalnya direncanakan akan segera pindah selepas upacara HUT ke 79 RI di IKN Provinsi Kalimantan Timur.

Adapun, untuk rencana itu diperkirakan batal sebab kondisi ekosistem dan prasarana masih belum sepenuhnya rampung. 

Jadi mengenai hal itu dengan terpaksa dibatalkan untuk pemindahan ASN pada September 2024 ini. 

Hal ini dikatakan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas.

Diungkapkan Anas, kesiapan ekosistem dan prasarana yang ada di IKN masih belum siap dan juga masih menunggu penugasan dari Presiden Jokowi. Meskipun awalnya direncanakan pemindahan ASN usai peringatan HUT RI ke-79 kemarin. 

"Kalau rencana pemindahan ASN yaitu September. Tapi belum bisa sehingga tidak bisa dipaksakan. Jadi kami tinggal nunggu arahan dari Bapak Presiden serta nanti kesiapan dari ekosistem yang ada di IKN," ujar Anas dikutip berbagai sumber, Kamis, 29 Agustus 2024.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita IKN (OIKN) Basuki Hadimuljono buka suara soal kesiapan infrastruktur dasar di IKN.

Dikatakan Basuki, bahwa 4 Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) IKN tengah disiapkan. 

"Di IKN Nusantarakita ada 4 Kemenko yang sekarang ini disiapkan, masing-masing Kemenko ada 4 tower, jadi sharing office," tegasnya.

Selain kantor, pemerintah juga sedang mempersiapkan hunian berupa Rumah Susun (Rusun) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menteri Basuki menyebutkan bahwa sebanyak 10 hingga 12 tower Rusun ASN sudah dalam kondisi siap huni. Jadi untuk hunian ASN sudah siap. 

Kategori :