Landasan Pacu Bandara di IKN Mulai Uji Coba, Begini Hasilnya!

Senin 26-08-2024,09:07 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO - Sejumlah pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) Provinsi Kalimantan Timur selesai dibangun. Sehingga segera difungsikan.

Seperti bangunan Istana Negara mulai digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berkantor di awal September 2024.

Termasuk juga sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) juga segera dipindahkan secara bertahap di IKN Nusantarakita. 

Infrastruktur pendukung lainnya, yaitu bandara di IKN untuk landasan pacu atau runway nya, Minggu 25 Agustus 2024 kemarin dilakukan uji coba. 

BACA JUGA:Masjid Negara Megah di IKN: Siap Tampung 60.000 Jamaah, Simbol Keagungan Nusantara

BACA JUGA:Gedung Wakil Rakyat Rusak Saat Demo Jangan Diperbaiki, Sebaiknya Tanpa Pagar Agar Lebih Dekat Dengan Rakyat

Prosesi uji coba lepas landas dan pendaratan yang dilakukan menggunakan pesawat kalibrasi jenis King Air tipe 200 PK CAO, dan dilaporkan berjalan mulus dan lancar.

Proses uji coba ini disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Jadi kita lakukan sekarang semacam proving flight karena yang dibuat tidak hanya runway, tetapi jalur-jalur udaranya. Semua sudah didesain supaya tidak konflik dengan bandara di Balikpapan dan Samarinda," jelas Basuki dalam pernyataan tertulis, dikutip berbagai sumber, Minggu 25 Agustus 2024.

Lanjutnya, nanti pada saat digunakan dengan frekuensi padat, di ruang udara sudah tidak terjadi konflik. Jadi uji coba ini sangat penting. 

BACA JUGA:September Mendatang, Presiden Jokowi Bakal Pindah Kantor ke IKN: Apa Saja Persiapannya?

BACA JUGA:Perkuat Infrastruktur IKN, PUPR Genjot Kompetensi SDM Konstruksi dengan Sertifikasi Onsite

Untuk diketahui proving flight ini adalah merupakan proses uji operasional yang dilakukan untuk memastikan kesiapan terbang di rute penerbangan baru. 

Adapun setelah adanya uji coba ini, pemerintah akan melanjutkan sejumlah assessment lainnya yang terkait dengan keselamatan dan keamanan penerbangan.

Masih dikatakan Basuki, saat ini pembangunan runway Bandara IKN telah mencapai panjang 1.025 x 30 meter, yang ditargetkan akan lebih panjang bulan depan nanti. 

Kategori :