Pemprov Sumsel Jajaki Kerjasama Bangun PLTS Kapasitas 300 MW Dengan Perusahaan China TBEA

Kamis 22-08-2024,07:13 WIB
Reporter : Suci Harahap
Editor : Wiwik

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) bersama perusahaan asal China dalam hal ini Tebian Electric Apparatus (TBEA) Co. Ltd menjalin kerjasama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Provinsi Sumsel dengan kapasitas 300 Megawatt (MW).

Hal ini ditandai dengan penandatangan komitmen bersama, bertempat di Ruang Rapat Gubernur Sumsel, Rabu 21 Agustus 2024.


Pemprov sumsel bersama TBEA jalin kerjasama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Provinsi Sumsel dengan kapasitas 300 Megawatt (MW)--

Penandatanganan komitmen bersama dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sumsel Elen Setiadi dan Direktur Marketing, TBEA Co.,Ltd. Alex Chen Chuan. 

Pj Gubernur  Elen Setiadi menyatakan dukungan sepenuhnya terhadap rencana ini. Menurut dia, kerja sama strategis yang dimulai dengan komitmen bersama ini, menandai langkah maju dalam memanfaatkan solusi energi terbarukan dan pengembangan sumber daya energi bersih. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Komitmen Ciptakan Pilkada Serentak di Sumsel Berjalan Aman dan Damai

BACA JUGA:Dorong Percepatan Pembangunan Sumsel, Pj Gubernur  Elen Setiadi Resmikan Jembatan Sako (T3) di OKU 

“Listrik merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi untuk menopang produktivitas masyarakat.  Oembangunan pembangkit listrik tenaga surya di Provinsi Sumsel dengan kapasitas 300 Megawatt tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat Sumsel khususnya. Tetapi juga pemerataan pembangunan di daerah terpencil,  dan juga bisa membantu provinsi terdekat Sumsel,” ungkapnya. 

Elen menuturkan, Pemerintah Provinsi Sumsel akan mendukung penggunaan energi ramah lingkungan atau clean energy melalui penurunan faktor emisi karbon.

Sehingga bumi menjadi bersih dan sehat, serta yang paling utama adalah meningkatkan perekonomian. 

“Pemprov Sumsel mendukung proyek ini. karena melalui proyek ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan ekonomi nasional yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi Sumsel,” tuturnya. 

BACA JUGA:Jadi Irup Hari Pramuka Ke-63, Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Harapkan Ini

BACA JUGA:Siap Berlaga di Kejurnas Piala Kapolri, Tim Voli Putra dan Putri Sumsel Dilepas Pj Gubernur dan Kapolda

Elen berharap Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Provinsi Sumsel dengan kapasitas 300 Megawatt, akan segera masuk ke tahap pembangunan dan sudah bisa groundbreaking sebelum akhir tahun 2024. 

“Tentunya kami ucapkan terima kasih kepada Tebian Electric Apparatus yang telah memilih Provinsi Sumsel untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Provinsi Sumsel dengan kapasitas 300 Megawatt. Kita  harapkan ini awal untuk kedepannya, Kalau bisa sebelum akhir tahun 2024 sudah groundbreaking,” tandasnya.

Kategori :